Sumbangan Dana Kampanye Sudah DIlaporkan ke KPU Dairi, Begini Selanjutnya

Komisioner KPU Dairi Divisi Hukum, Veryanto Sitohang, saat ditemui di Gedung KPU Dairi

Dairi, Semarak.News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi telah menerima laporan sumbangan dana kampanye dari tiap-tiap tim pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Dairi pada 20 April 2018 lalu.

Veryanto Sitohang selaku Komisioner KPU Dairi Divisi Hukum mengatakan bahwa laporan sumbangan dana kampanye merupakan uang masuk yang diterima para paslon dari para pihak baik perorangan maupun badan usaha mulai tanggal 18 Februari 2018 sampai 19 April 2018.

“Untuk paslon nomor satu jumlah sumbangan yang mereka laporkan ke kita sebesar Rp 1.688.365.000,00 sedangkan untuk paslon nomor dua jumlah sumbangan dana kampanye mereka Rp 345.000.000,00.”, ujar Veryanto Sitohang saat ditemui di Kantor KPU Dairi, Senin (23/04/2018).

Veryanto menambahkan jika laporan tersebut nantinya akan diaudit oleh Akuntan Publik  untuk mengetahui seluruh sumber dana yang masuk sudah sesuai dengan peraturan KPU atau sebaliknya.

“Kami akan melakukan audit ke Akuntan Publik apakah sumber dana yang masuk sesuai peraturan KPU atau tidak. Bila ternyata tidak sesuai dengan yang dilaporkan, maka akan dikenakan sanksi terberatnya yaitu didiskualifikasi, itu pun ada proses pleno dan klarifikasi oleh KPU.”, ujarnya.

Veryanto juga menjelaskan jika sumbangan dana kampanye tersebut digunakan untuk seluruh kegiatan kampanye, misalnya pencetakan Alat Peraga Kampanye dengan jumlah 150 persen dari jumlah yang disiapkan KPU Dairi maupun kegiatan-kegiatan kampanye terbuka dari para paslon.[CRZ].

TINGGALKAN BALASAN