STOK PANGAN DAIRI MASIH AMAN

Ketersedian pangan di pasar Kab. Dairi

Dairi, Semarak.news-Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Dairi, Gema Sihite, ketersediaan pangan untuk masyarakat Dairi hingga saat ini masih tergolong aman. Hal itu diutarakan saat dijumpai di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Dairi, Kamis (02/03/2018)

“Ketahanan pangan di Kab. Dairi masih tergolong aman. Konsumsi kalori masyarakat per kapita tiap harinya mencapai 2150 kalori per kapita, yah mendekati standar nasional 2.200 kalori per kapita. Kalau konsumsi protein sudah sekitar 53 gram protein per kapita tiap harinya, mendekati standar nasional dimana 57 gram per harinya.”, jelas Gema.

Selama ini masalah yang masih dihadapi Pemerintah Dairi hingga saat ini yaitu masalah geografis dan akses. Gema Sihite menjelaskan bahwa kawasan Dairi termasuk kawasan yang rawan terkena bencana alam sehingga dapat merusak lahan pertanian masyarakat Dairi dan berdampak pada kurangnya hasil pangan. Selain itu, sulitnya akses di dua kecamatan di Dairi, Kecamatan Tanah Pinem dan Siempat Nempu Hilir, menyebabkan dua kecamatan tersebut masih sulit dilakukan pendistribusian pangan.

Disinggung soal adanya impor beras yang masuk ke Sumatera Utara, Gema Sihite mengaku pemerintah Dairi belum menerima beras tersebut dan saat ini masih mengkomunikasikan dengan Dinas Pertanian dan Perdagangan untuk memastikan kembali.

“Untuk beras impor, belum dipastikan lagi. Mungkin masih berada di Kabanjahe karena tiap tahun kami punya stok disana. Nanti kami coba pastikan lagi dengan Dinas Pertanian dan Perdagangan.”, jelas Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Dairi.[CRZ]

TINGGALKAN BALASAN