Spanduk kemenangan Prabowo-Sandi bertebaran di DKI Jakarta

0
73

Semarak News, Jakarta – Di Jakarta mulai maraknya spanduk kemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Satpol PP DKI akan berkoordinasi dengan Bawaslu dan KPU setempat untuk menindaklanjutinya.

“Ya saya pikir itu hanya sebuah euforia atau respons lah atas sebuah proses yang saat ini sedang berlangsung, sifatnya spontanitas menurut saya, tapi ada saatnya mereka akan lepas,” ujar Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin ketika dihubungi, Selasa (14/5/2019).

Arifin mengatakan ketentuan dalam pemasangan spanduk seharusnya tidak diletakkan di ruang publik. Meski begitu, ia menegaskan spanduk kemenangan Prabowo-Sandi yang terpasang hanya bentuk spontanitas masyarakat untuk meramaikan demokrasi.

“Sebenarnya kalau bicara boleh atau tidak boleh aturan yang ada memang ketentuannya itu (spanduk) memang diletakkan pada tempat yang bukan di ruang publik tapi karena ini kan sekali lagi sifatnya hanya spontanitas, selama tidak mengganggu di tempat umum ya ini bukan jadi sebuah masalah,” katanya.

Ia mengatakan sejauh ini belum ada pembicaraan terkait penertiban spanduk tersebut. Namun Arifin akan berkoordinasi lebih lanjut dan setelah pemilu selesai.

“Belum ada perintah sejauh ini. Tapi ya tetap kita kalau berkaitan dengan alat peraga kampanye akan berkoordinasi dengan Bawaslu dan KPU, ya nanti juga setelah pesta ini selesai kita juga akan bicarakan itu,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah spanduk bertuliskan ucapan selamat atas kemenangan Prabowo-Sandi sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia bertebaran di Jakarta, di antaranya ada di Jl Petojo dan Tanah Abang, Jakarta Pusat; serta Tambora, Jakarta Barat.

Salah satu spanduk bertulisan ‘Selamat atas terpilihnya H. Prabowo Subianto-H. Sandiaga Salahudin Uno sebagai presiden dan wakil presiden pilihan rakyat periode 2019-2024 dari Warga Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat’. Dalam spanduk itu, terdapat tulisan ‘Marhaban Ya Ramadhan selamat menunaikan ibadah puasa 1440 Hijriyah’ serta menampilkan pula foto Prabowo-Sandi memakai kemeja hitam beserta Habib Rizieq di belakang foto kedua paslon tersebut.

Dilain pihak, BPN Prabowo-Sandiaga mengaku tidak mengetahui siapa pembuatnya spanduk itu.

“Terus terang kami tidak tahu siapa yang pasang, tapi mungkin itu bentuk ekspresi dukungan masyarakat pada Prabowo dan Bang Sandi dimana masyarakat merasakan bahwa pada kemenangan itu ada di Prabowo dan Sandi sehingga mereka antusias untuk memasang baliho itu,” kata Jubir BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade (14/52019)

Andre meminta adanya spanduk yang menyatakan selamat ke Prabowo-Sandi itu tidak perlu dipermasalahkan. Sebelumnya, KPU dan Bawaslu mengimbau kubu Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga menahan diri untuk mendeklarasikan kemenangan hingga ada penetapan hasil pilpres pada 22 Mei.

Andre lalu menyoroti beberapa kasus yang dilaporkan pendukung Jokowi, Immanuel Ebenezer terhadap pendukung Prabowo-Sandi selalu cepat diproses. Sedangkan laporan yang disampaikan pendukung Prabowo-Sandi sukar diproses. Dan hal ini dianggap sebuah bentuk rivalitas politik saja.

LEAVE A REPLY