Setelah Seminggu, Usaha PC PMII Langkat Binjai Berbuah Hasil

[sumber: tribun]

Langkat, Semarak.news – Massa dari mahasiswa yang tergabung dalam PC PMII Langkat Binjai kembali mendatangi kantor DPRP Kab. Langkat, Selasa (6/3) pagi. Sejumlah 30 orang langsung menyuarakan aspirasinya di depan kantor DPRD yang dijaga ketat oleh aparat kepolisian dan satpol PP.

Massa menolak hasil revisi UU MD3 yang dinilai menghilangkan nilai-nilai demokrasi, karena di beberapa pasal dinilai membatasi hak aspirasi masyarakat dalam menyuarakan pendapat dan mengkritik DPR. Selain itu anggota DPR akan kebal hukum.

Sebelumnya PC PMII telah mengadakan aksi demonstrasi namun hasilnya nihil. Hari ini mereka menggelar aksi lanjutan untuk menyuarakan aspirasinya di depan wakil rakyat.

“Ini adalah aksi lanjutan dari kami setelah Jumat kemarin salah satu anggota DPRD Langkat mengingkari janji untuk bertemu dengan kami.” tutur Ketua PC PMII, Sawaludin.

Dalam kesempatan tersebut, PC PMII diperbolehan masuk ke dalam gedung DPRD Langkat setelah sebelumnya berdiskusi sengit dengan anggota DPRD dan sempat melakukan aksi dorong-dorongan dengan aparat keamanan.

Dari hasil press release yang disampaikan Sawaludin, PC PMII Langkat-Binjai secara tegas menolak pasal-pasal yang bertentangan dengan nilai-nilai deokrasi dalam revisi UU MD3. PC PMII Langkat-Binjai berpandangan bahwa warga negara berhak memberikan kritik terhadap kinerja anggota dan lembaga DPR. Adapun ekspresi yang berbeda-beda dalam memberikan kritiknya tidak boleh dipandang sebagai bentuk penistaan terhadap anggota dan lembaga DPR, apalagi sampai dijerat dengan hukum.

Sekretaris PC PMII, Gusri Hanafi mengungkapkan kekecewaannya dengan pengamanan aksi demonstrasi.

“Hari ini kami kecewa diskusi kami dipersulit. Salah satu teman kami bahkan ada yang dipukul Polisi di depan Kantor DPRD.” ucap Gusri.

Setelah berjalan sekitar kurang lebih satu setengah jam, akhirnya pihak DPRD Kab. Langkat yang diwakili oleh Raja Khamsa Sitepu dari Komisi A menandatangani dan menyetujui pernyataan sikap yang diajukan oleh PC PMII Langkat Binjai. (SAM)

TINGGALKAN BALASAN