Semarak Peringatan Hari Film Nasional di Surabaya

Poster Film Animasi Battle of Surabaya [sumber: http://www.muvila.com]

Surabaya, Semarak.news – Hari film nasional yang jatuh pada 30 Maret telah berlalu. Namun, semarak peringatannya tetap terlukis pada puluhan anak-anak di Kel. Petemon pagi tadi (1/4). Berlokasi di Balai RW 16, Kel. Petemon Kec. Sawahan Kota Surabaya, anak-anak yang didominasi usia belia tampak antusias menyaksikan film animasi karya putra bangsa berjudul Battle of Surabaya.

Pemutaran film Battle of Surabaya tersebut merupakan buah ide dari pemuda kelurahan Petemon. Para pemuda kelurahan Petemon memiliki tujuan agar momen peringatan Hari Film Nasional tesebut dapat menjadi media pembelajaran bagi anak-anak di kelurahan Petemon.

Film tersebut menggambarkan suasana perang 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya. Aksi-aksi heroik para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan dari penjajah membuat penonton terkesima. Tidak jarang para penonton berdecak kagum ketika melihat pemeran dalam adegan perang melawan musuh. Sesekali penonton juga dibuat tertawa oleh adegan pemeran yang menyajikan aksi jenaka.

Film animasi garapan sutradara Aryanto Yuniawan ini sarat akan semangat perjuangan. Selain itu, terdapat pesan penting yang perlu ditanamkan yaitu semangat dalam menjaga nasionalisme. Semangat perjuangan dan nasionalisme yang terlihat dari penggambaran tokoh sehingga diharapkan dapat dicontoh oleh penonton terkhusus generasi muda.

Setelah pemutaran film, pihak penyelenggara memberikan kuis kepada anak-anak yang hadir dilanjutkan dengan pemberian hadiah bagi anak-anak yang berani tampil menjawab kuis. Acara pemutaran film diakhiri dengan deklarasi melawan penyebaran hoax oleh anak-anak didampingi pemuda kelurahan Petemon. [AG]

TINGGALKAN BALASAN