November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Saksikan satu miliar tahun lempeng tektonik berubah dalam 40 detik yang mempesona: ScienceAlert

Saksikan satu miliar tahun lempeng tektonik berubah dalam 40 detik yang mempesona: ScienceAlert

Lempeng tektonik yang menutupi Bumi bergerak seperti teka-teki jigsaw dengan kecepatan yang sama dengan kuku kita, tetapi selama satu miliar tahun, itu cukup untuk melakukan perjalanan melintasi seluruh planet — seperti yang diungkapkan dalam video yang menarik.

Dalam salah satu model paling lengkap dari gerakan lempeng tektonik yang pernah disusun, para ilmuwan pada tahun 2021 memadatkan satu miliar tahun gerakan menjadi video 40 detik, sehingga kita dapat melihat bagaimana lempengan batu raksasa ini berinteraksi dari waktu ke waktu.

Saat mereka bergerak, lempeng mempengaruhi iklim, pola pasang surut, pergerakan dan evolusi hewan, aktivitas gunung berapi, produksi mineral, dan banyak lagi: mereka lebih dari sekadar penutup planet, mereka adalah sistem pendukung kehidupan yang memengaruhi segala sesuatu yang hidup di permukaan.

bingkai batas = “0″ izinkan=” akselerometer; mulai otomatis; tulisan papan klip. media yang dikodekan giroskop; Gambar-dalam-Gambar “allowfullscreen>

Ahli geologi Michael Tetley, yang menyelesaikan PhD-nya di University of Sydney, menjelaskan bahwa “untuk pertama kalinya model tektonik lengkap, termasuk semua batas, telah dibangun.” berita euro pada tahun 2021.

“Pada skala waktu manusia, benda bergerak dalam sentimeter per tahun, tetapi seperti yang dapat kita lihat dari animasi, benua ada di mana-mana dalam waktu. Tempat seperti Antartika yang kita lihat hari ini adalah tempat yang dingin dan tidak ramah. sebenarnya sekali hari-hari tenang dan tujuan liburan yang indah di khatulistiwa.”

Memindahkan dan menggeser lempeng adalah pemandangan yang menakjubkan jika Anda menonton video – daratan yang dekat dengan tetangga menjadi sepupu jauh dan sebaliknya, dan Anda mungkin terkejut betapa baru-baru ini negara dan benua telah beradaptasi dengan situasi yang kita kenal sekarang.

READ  Ada 'kota yang hilang' di kedalaman lautan, tempat yang berbeda dari yang lain: ScienceAlert

Memahami pergerakan dan pola ini sangat penting jika para ilmuwan ingin memprediksi seberapa layak huni planet kita di masa depan, dan di mana kita akan menemukan sumber daya mineral yang kita butuhkan untuk memastikan masa depan energi bersih.

Pergerakan lempeng diperkirakan dengan mempelajari catatan geomagnetik yang menyediakan data tentang lokasi historis pilar dalam kaitannya dengan sumbu putaran bumi dan jenis material yang terperangkap dalam sampel batuan yang membantu mencocokkan potongan-potongan teka-teki geologi masa lalu bersama-sama.

Di sini tim berusaha keras untuk memilih dan menggabungkan model yang paling cocok yang tersedia saat ini, dengan mempertimbangkan gerakan benua dan interaksi di sepanjang batas lempeng.

“Planet Bumi sangat dinamis, dengan permukaannya terdiri dari lempengan-lempengan yang terus-menerus berdesak-desakan dengan cara yang unik di antara planet-planet berbatu yang dikenal,” Ahli geologi Sabine Zhirovic mengatakandari Universitas Sydney.

“Lempeng-lempeng ini bergerak secepat kuku tumbuh, tetapi ketika mereka memadat satu miliar tahun dalam 40 detik, tarian mempesona terungkap. Lautan terbuka dan tertutup, dan benua secara berkala terpisah dan bergabung untuk membentuk superbenua yang sangat besar.”

Semakin banyak ilmuwan pergi ke masa lalu, semakin sulit untuk memperkirakan bagaimana lempeng bergerak, dalam hal ini menjadi perkiraan Neoproterozoikum untuk saya Kambrium (1000 hingga 520 juta tahun yang lalu) Secara khusus, usia telah diplot dengan hati-hati dan dijajarkan agar sesuai dengan catatan terbaru yang kita miliki.

Masih ada pertanyaan tentang bagaimana dan kapan lempeng ini pertama kali terbentuk, tetapi setiap titik data baru membantu kita memahami sejarah kuno Bumi — bahkan menghitung lempeng yang hilang dalam beberapa model.

Para ilmuwan mengakui bahwa pekerjaan mereka tidak memiliki beberapa detail yang bagus – seperti yang membentang di seluruh planet dan satu miliar tahun – tetapi mereka berharap itu akan berfungsi sebagai sumber daya yang berguna dan dasar untuk studi masa depan gerakan ini dan dampaknya terhadap segala sesuatu yang lain di planet ini.

READ  Gerhana matahari hibrida: apa itu dan bagaimana itu bisa terjadi?

“Tim kami telah menciptakan model evolusi Bumi yang sama sekali baru selama miliaran tahun terakhir,” Ahli geologi Dietmar Müller berkata: dari Universitas Sydney.

“Planet kita unik dalam cara menampung kehidupan. Tapi ini hanya mungkin karena proses geologis, seperti lempeng tektonik, menyediakan sistem pendukung kehidupan di planet ini.”

Pencarian dipublikasikan di Ulasan Ilmu Bumi.

Versi sebelumnya dari artikel ini diterbitkan pada Februari 2021.