Rumah Politik – Ruang Diskusi Politik Masyarakat Lampung

Rumah Politik bersama BEM Universitas di Lampung (Foto:hsym)

Bandar Lampung, Semarak.news – Tahun ini merupakan tahun politik dimana akan diselenggarakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di berbagai provinsi di seluruh Indonesia. Hal tersebut juga dirasakan oleh masyarakat di Provinsi Lampung yang menggelar Pilkada Serentak.

Rumah Politik merupakan ruang diskusi politik yang independen, asik, bergizi dan objektif bagi masyarakat karena politik merupakan hal penting untuk dipahami karena menurut survei yang dilakukan oleh Rumah Politik, dari 100 orang pemuda yang disurvei, hanya 37 orang yang menganggap isu politik menarik, sedangkan 41 orang menganggap isu-isu politik tidak menarik dan 22 orang tidak menjawab karena beranggapan “politik bukanlah urusan saya”. Angka Golput di Provinsi Lampung cukup tinggi dilihat dari Pilkada 2015 dimana jumlah pemilih hanya sebesar 67,5% dari total jumlah usia pemilih di Provinsi Lampung.

“Sewaktu saya masih di Bandung, minat masyarakat terhadap politik sangatlah tinggi tetapi setelah saya kembali ke Lampung, saya prihatin dengan minat masyarakat Lampung terhadap politik” ujar Sinthia (Leader Project dari Rumah Politik). Melihat permasalahan kepedulian akan politik di Provinsi Lampung yang masih rendah, Rumah Politik bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya peran politik dalam mensejahterakan bangsa, mendorong pendidikan politik, mengurangi angka golput dan mewujudkan gerakan anti hoax dan politik adu domba di Provinsi Lampung.

Peserta FGD Rumah Politik (Foto:hsym)

Rumah Politik merupakan salah satu program dari Empowomen.id yang terbentuk pada bulan Maret 2018. Rumah Politik memiliki berbagai program antara lain dengan melakukan campaign / kampanye melalui akun sosial media Instagram @rumah.politik, mengadakan diskusi rutin, melakukan ujian politik serta satu hari menjadi. Salah satu program yang telah terlaksana yaitu kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan pada hari ini (15/04) di Home’s Cafe Lampung, diikuti oleh berbagai komunitas yang ada di Lampung, BEM Universitas Negeri dan Swasta, OSIS SMA/SMK Sederajat dan undangan 11 peserta terbaik hasil survey. (hsym)

TINGGALKAN BALASAN