Martapura, Semaraknews – Rumah Pintar Pemilu Kab. Banjar resmi dibuka. Peresmian tersebut dilakukan oleh PLH Sekda Kab. Banjar, Zaenudin, dengan nama ‘Rumah Pintar Pemilu Intan Barakat Kab. Banjar’. Peresmian yang dihiasi hujan gerimis ini dilaksanakan di Kantor KPU Kab. Banjar pada Sabtu (21/4).

Rumah Pintar Pemilu diharapkan mampu memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat khususnya di wilayah Kab. Banjar tentang hal apa saja yang berkaitan dengan Politik, Demokrasi dan Pemilu.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Kab. Banjar, Fajeri Tamzidillah dalam sambutannya di acara peresmian Rumah Pintar Pemilu tersebut.

“Kami berharap dengan adanya Rumah Pintar Pemilu ini, masyarakat mampu mengerti dan memahami hal – hal mengenai demokrasi khususnya Pemilu 2019 mendatang.” Ujarnya.

Sementara itu, partisipasi politik masyarakat di Kab. Banjar masih berkisar pada tingkat 72%. Hal ini tentu perlu ditingkatkan mengingat target nasional partisipasi politik pada Pemilu 2019 adalah 77%. Rumah Pintar Pemilu diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong peningkatan tersebut.

Letak Rumah Pintar Pemilu hanya ada di Kantor KPU Kab. Banjar, tentu muncul pertanyaan mengenai bagaimana masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari KPU Kab. Banjar.

Terkait hal di atas, Fajeri menjelaskan bahwa KPU Kab. Banjar akan tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari Kantor KPU. Sosialisasi tersebut akan dilaksanakan melalui anggota PPS di setiap wilayah.

“Tentu kami akan tetap melakukan sosialisasi ke masyarakat yang jauh tempat tinggalnya, kan ada PPS, kami mengarahkan PPS untuk tidak hanya menjadi penyelenggara Pemilu, namun juga melakan sosialisasi kepada masyarakat setempat.” Tambahnya. (TN)

LEAVE A REPLY