Manado, Semarak.News – Dalam upaya peningkatan sumber daya manusia khususnya dalam bidang jasa konstruksi bagi para narapidana, Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Pembangunan Rumah (PUPR) melaksanakan kegiatan pelatihan jasa konstruksi secara serentak di 12 lapas pada (9/10/2018). Salah satunya yang melaksanakan ialah Lapas Kelas IIA Kota Manado yang secara bersamaan mengikuti acara tersebut.

“Kegiatan pelatihan jasa konstruksi bidang pekerjaan umum tahap II ini merupakan kerja sama antara Kementerian Kemenkumham dan Kementerian PUPR yang bertujuan untuk menjadikan warga binaan lapas dapat menjadi sumber tenaga kerja konstruksi terampil. Adapun pelatihan yang dilakukan di Prov. Sulut secara serentak di 5 lapas yang ada. Selain itu, terdapat beberapa bidang jasa konstruksi misalnya keterampilan bidang jasa konstruksi besi, kayu, pembangunan jalan dan beberapa jenis lainnya”, jelas Murdjito selaku Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan energi yang baik untuk para narapidana. Adapun narapidana yang mengikuti yaitu narapidana yang sudah mengalami 2/3 masa kurungan. Hal ini bertujuan agar membentuk narapidana yang siap kerja dan memiliki kompetensi tenaga kerja yang lebih baik. Selain itu, dalam tahap pelatihan tersebut, para warga binaan lapas tersebut diharapkan bisa mendapatkan sertifikasi tenaga kerja yang bisa dipakai setelah masa kurungan tersebut selesai.

“Adapun proses pembuatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi nantinya akan bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) yang masa berlaku selama 3 tahun. Namun, sertifikat tersebut dapat dipakai sampai dengan ke luar negeri. Karena Kementerian PUPR sudah bekerja sama dengan beberapa negara untuk mengakui sertifikat yang sudah dibuat tersebut. Di Sulawesi Selatan sebagai contoh, dalam pelatihan tahap I sudah ada mantan narapidana yang menggunakan sertifikat tersebut untuk diterima sesuai dengan bidang pekerjaannya”, jelas Faisal Lukman selaku Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah se-Sulawesi yang turut menghadiri acara tersebut.

LEAVE A REPLY