Jayapura, TRITONPBNews.com – Jika itu jalanmu, siapa pun tak akan mampu menghalaunya.

Mungkin alegoris tersebut cocok untuk sebuah kisah mengharukan seorang anak yatim dari Papua, Yusuf Rony Kabarjay (20) menjadi prajurit TNI AD.

Rony dinyatakan lulus pada sidang pemilihan Cata PK TNI AD Gelombang I Tahun 2020 di Korem 174/ATW, Rabu 20 Mei 2020.

“Rony Kabarjay merupakan anak yatim piatu yang gigih menjadi prajurit TNI AD dan kemudian dilatih Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Toray,” ujar Rizky yang dikutip dari situs resmi TNI AD, tniad.mil.id.

Anak yatim piatu dari Papua ini, berhasil mengubah jalan hidupnya menjadi anggota TNI AD
Anak yatim piatu dari Papua ini, berhasil mengubah jalan hidupnya menjadi anggota TNI AD (tribunnews.com)

Pola latihan yang diberikan Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW pun berhasil mewujudkan mimpi Yusuf Rony.

Ia seorang anak yatim piatu dari suku Yeinan Papua dan kini resmi mengikuti pendidikan Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karir, Secata PK, TNI AD gelombang I TA. 2020 di Rindam XVII/Cen.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya dalam rilis tertulisnya dari Merauke, Papua, Senin (25/5/2020).

Kabar ini juga turut disampaikan Dinas Penerangan Angkatan Darat melalui akun Twitter resminya, Minggu, 25 Mei 2020.

Dansatgas mengungkapkan, Rony dari Suku Yeinan itu merupakan seorang yatim piatu yang tinggal ikut bersama kakak iparnya Yonias Kapaiter (54) di Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

“Kita semua selalu mendukung dan membantu jika ada warga yang ingin menjadi prajurit TNI.

Seperti anggota Satgas di Pos Toray mereka memberikan pembinaan dan latihan secara terjadwal kepada Rony.

Hal itu sebagai bekal dan kelancaran selama Rony mengikuti serangkaian seleksi,” ujar Mayor Inf Rizky Aditya.

Tekad Kuat Si Anak Yatim Piatu

Tekad kuat Rony untuk mewujudkan mimpinya sebagai prajurit TNI AD tampak dari sikapnya.

Ia sering tidur bersama personel Pos Toray.

Selain kesegaran jasmani pada pagi dan sore harinya, malam hari dibekali juga dengan materi test psikologi kepada Rony.

“Atas keberhasilan itu, kami Satgas mengucapkan selamat kepada adik kita Rony.

Semangat, tekad dan kerja kerasnya selama ini telah mengantarkannya menggapai mimpi yang dicita-citakannya,” ujar Mayor Inf Rizky.

Mayor Inf Rizky berharap agar Rony bisa menjaga kesehatannya, dan tetap semangat dalam mengikuti pendidikan dasar di Secata Rindam.

Begitu juga halnya dengan Letda Inf Wesly Tanaem, yang selaku Danpos Toray, merasa bangga dan haru atas lulusnya Rony yang sering dilatihnya di Pos.

“Mewakili seluruh anggota Satgas Pos Toray, atas kelulusan Rony tersebut, kami semua sangat bangga dan bersyukur. Selamat bergabung bersama kami adik Rony Kabarjay,” ujarnya.

Tangis Haru Sang Kakak

Sementara itu, tangis haru dan ucapan terima kasih disampaikan oleh Yonias Kapaiter (54), kakak ipar sekaligus orangtua/ wali Rony.

Hal itu ketika dirinya dan keluarga diundang ke Pos Toray untuk diberi tahu berita kelulusan adik iparnya menjadi prajurit TNI.

“Kami sekeluarga sangat bahagia dan berterimakasih kasih kepada personel Pos Toray yang telah membina dan mendidik Rony selama ini, semoga ketulusan dan kebaikan bapak-bapak TNI dibalas oleh Tuhan,” ujar Yonias.

Sumber: https://kupang.tribunnews.com/2020/05/26/yusuf-rony-kabarjay-anak-yatim-piatu-dari-papua-lulus-prajurit-tni-ad-kisahnya-mengharukan?page=all.

LEAVE A REPLY