Teminabuan, Semarak.News – Peran dan dukungan dari Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat dibutuhkan. Dalam memperluas cakupan kepesertaan JKN-KIS, Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong Selatan menyatakan siap melakukan penambahan kuota peserta JKN-KIS untuk segmen Penduduk Didaftarkan Pemerintah Daerah (PD Pemda) sesuai dengan ketersediaan anggaran yang ada.

Penambahan kuota peserta PD Pemda ini demi keberlangsungan Program JKN-KIS sehingga masyarakat di Kabupaten Sorong Selatan dipastikan mendapatkan jaminan kesehatan melalui Program JKN-KIS ini.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong Ivan Ravian, dalam kunjungannya beberapa waktu lalu ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sorong Selatan.

“Kami memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong Selatan yang telah membuktikan komitmennya dalam mendukung keberlangsungan Program JKN-KIS, “jelas Ivan kepada media ini, Jumat (28/8/2020).

Dikatakan Ivan, penambahan ini diperoleh berdasarkan kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan namun belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS ataupun pengalihan peserta mandiri atau Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang menunggak di kelas 3, khususnya Orang Asli Papua (OAP), untuk dialihkan kepesertaannya menjadi PD Pemda sesuai dengan ketersediaan anggaran yang ada.

Ivan juga menambahkan, pihaknya sangat menghargai langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong Selatan yang telah memastikan pembayaran iuran PD Pemda terbayarkan sampai dengan bulan Juli 2020 ini. Menurutnya, dukungan dari Pemerintah Daerah sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan Program JKN-KIS tersebut.

Sumber: http://teropongnews.com/berita/pemda-sorsel-tambah-kuota-peserta-jkn-kis-segmen-pd/

LEAVE A REPLY