Sorong, Semarak.News – Guna memberikan pemahaman yang lebih tentang nilai-nilai Agama, kepada para penerus bangsa terutama yang berada di Kabupaten Kaimana. Pemerintah Daerah Kaimana melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kaimana, menggelar Seminar Lintas Agama di Aula SMA Negeri 1 Kaimana, Selasa (22/10). Kepada siswa-siswi yang merupakan Remaja Masjid dan Pemuda Dedominasi Geraja Se-Kaimana.

Hadir mewakili Bupati Kaimana, Asisten I Sekertaris Daerah (Setda) Kabupaten Kaimana Luther Rumpombo, S.Pd, dalam sambutannya mengatakan jika Kegiatan ini sangatlah penting karena Remaja Masjid dan para pemuda Gereja adalah penerus Bangsa.

“Kegiatan seminar lintas agama ini sangat penting dilaksanakan terutama bagi anak-anak sekolah. Yang notabenenya mereka adalah generasi muda yang perlu dibina dengan siraman-siraman Rohani. Sehingga anak-anak kita ini, mereka bisa sadar dan takut akan Tuhan serta mau bersekolah untuk meraih masa depan mereka, tetapi intinya kegiatan ini sangat baik untuk mereka demi tersedianya pelayanan kehidupan beragama yang berkualitas,” jelasnya.

Dikatakan, jika belajar dari situasi saat ini di Indonesia bahwa situasi politik dan juga konflik-konflik sosial yang terjadi dan secara khusus kita di Papua. Maka dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan nilai tambah bagi peserta yang rata-rata adalah siswa-siswi. Sehingga mereka dapat menumbuhkan rasa kasih sayang sesama mereka, baik di Sekolah maupun di lingKungan masyaraxat luas nantinya.

“Kita lihat saja bahwa selama ini terjadi konflik dimana-mana, baik itu konflik politik tetapi juga kontlik sosial yang sementara terjadi di Indonesia saat ini yang imbasnya juga kita sendiri sebagai warga masyarakat. Kita bisa belajar dari beberapa daerah yang selama ini terjadi karena masalah rasis dan juga Agama, maka kegiatan ini sangat penting, karena tujuan nya adalah supaya mereka dapat menanamkan rasa persaudaraan, rasa toleransi antar umat beragama,” jelasnya.

Dirinya juga berharap, melalui kegiatan ini para Remaja Masjid dan Pemuda Gereja dapat mengikuti dengan sebaik mungkin dan ketika selesai dapat mentransfer ilmu tersebut kepada orang lain.

“Kita berharap bahwa kegiatan ini selesai, mereka juga dapat memahami sehingga mereka dapat menyampaikan buat orang lain. Dan saya yakin dan percaya jikalau sudah aman, maka otomatis pembangunan juga pasti akan berjalan dengan baik, maka kesejahteraan masyarakat pun akan ikut berjalan baik dan kita pasti hidup dalam zona damai,” pungkasnya.

Sumber: Radar Sorong

LEAVE A REPLY