BMKG Sorong akan Pasang 5 WRS di Papua Barat

BMKG Sorong akan Pasang 5 WRS di Papua Barat

0
4

Sorong, Semarak.News – Guna memberikan informasi terkait gempa bumi dan peringatan dini tsunami, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sorong dalam waktu dekat akan memasang alat Warning Receiver System (WRS) di 5 daerah di wilayah Papua Barat.

Kepala BMKG Sorong Menurut Andri Wijaya Bidang, menjelaskan WRS tersebut rencananya akan dipasang di 5 lokasi di Papua Barat.

“WRS ini rencananya akan kita pasang di 5 titik, diantaranya di BMKG Sorong, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Raja Ampat, BPBD Sorong Selatan, BPBD Teluk Bintuni dan BPBD Wasior,” sebut Andri di Kantor BMKG Sorong, Selasa (23/6).

Dijelaskan Andri, 5 lokasi tersebut dipilih berdasarkan tingkat keamanan, sudah memiliki kantor tetap dan di lokasi tersebut telah dipasang sensor gempa. Dimana menurut Andri, WRS tersebut sangat dibutuhkan mengingat BMKG tidak bisa mengjangkau seluruh titik tersebut.

“Ketika terjadi gempa, BPBD sebagai jaringan dan mitra BMKG yang nantinya telah dipasangi WRS sudah mendapatkan informasi dalam bentuk gambar. Sehingga informasi tersebut bisa langsung kita teruskan ke masyarakat,” terangnya.

Diakui Andri bahwa Sorong Selatan memiliki tingkat kerawanan bencana alam yang rendah. Namun dirinya merasa WSR perlu dipasang disana, agar masyarakat bisa mendapatkan informasi terkait terjadinya gempa dan potensi tsunami.

Sumber: https://papuabaratpos.com/5-wrs-akan-dipasang-di-papua-barat/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY