Sorong, Semarak.News – AKBP I Gusti Gde Era Adhinata resmi menjabat sebagai Kapolres Mimika, Papua. Dia menggantikan AKBP Agung Marlianto. Serah terima jabatan pucuk pimpinan kepolisian di Mimika ini dipimpin Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, di Aula Rasta Samara Polda Papua, Kota Jayapura, Jumat (8/11/2019). AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, biasa disapa Era. Dia merupakan kelahiran Manado 1 Februari 1980. Era memulai kariernya di Polda Kalimantan Timur (Kaltim) sejak lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol). Tahun 2002, dia menjabat Pamapta di Polres Bontang. Di tahun 2005, Era dipercayakan menjabat Kapolsek Sangatta Polres Kutai Timur. Setahun kemudian, pada 2006, dia bertugas sebagai Panit Sat 1 Resum Direktorat Reskrim Polda Kaltim.

Di tahun yang sama, Era ditunjuk sebagai Kepala Tim Penindak Detasemen 88 Anti Teror Polda Kaltim. 2008, Era dipindahkan tugaskan di Polda Papua, dengan menduduki jabatan Kasat Narkoba Polres Kota (Polresta) Jayapura. Hanya setahun menduduki jabatan tersebut, Era kembali dipercayakan untuk menjabat Kasat Reskrim di Polresta yang sama. Dua tahun kemudian 2011, Era ditarik ke Polda Papua guna mengisi jabatan Kanit 1 Subdit III Jatanras Direktorat Reskrim Umum. Kemudian tahun 2016, dia dipercayakan menjabat Wakapolres Mimika. Era selanjutnya di tahun 2017 ditarik ke Polres Kota Depok, Jawa Barat dengan menduduki jabatan Kasat Narkoba.

Setahun kemudian 2018, Era ditarik ke Polda Metro Jaya sebagai penyidik Madya 4 Direktorat Reskrim Umum, sebelum menjabat Kapolres Mimika di tahun 2019. Era juga dikenal memiliki banyak prestasi saat bertugas di Papua. Saat menjabat Kasat Reskrim Polresta Jayapura, polresta tersebut mendapat peringkat ke 7 polres terbaik se-Indonesia dalam penanganan kasus korupsi. Kemudian tahun 2014 saat menjabat Kanit 1 Subdit III Jatanras Direktorat Reskrim Umum Polda Papua, dia mengungkap kasus penyelundupan senjata api dari Negara Filipina dan Papua New Guinea (PNG). Setahun kemudian 2015, menangkap jaringan internasional narkoba jenis sabu-sabu di perbatasan RI-PNG, dengan barang bukti 4 kilogram sabu.

Selanjutnya di tahun 2017 ketika menjabat Wakapolres Mimika, tepatnya di Bulan Maret berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor terbesar dalam satu hari, dengan jumlah motor yang diamankan sebanyak 157. Pengungkapan kasus curanmor tersebut, merupakan yang terbesar di Mimika. Era mengakui, dia sangat mengagumi sosok mantan Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto yang cerdas dan pekerja keras. Era pun berusaha akan bekerja keras selama menjabat Kapolres Mimika untuk meneruskan kinerja AKBP Agung yang sangat baik.

“Bapak Agung Marlianto merupakan idola saya. Beliau orang yang cerdas dan pekerja keras. Saya akan berusaha keras untuk meneruskan kinerja beliau yang sangat baik,” kata Era kepada kepada Kompas.com, Sabtu (9/11/2019). Setelah menjabat Kapolres Mimika, kata Era, dia akan memberikan hidupnya sepenuhnya untuk melayani masyarakat, dan menjaga Kamtibmas. Untuk itu, Era berharap adanya kerjasama dengan semua lapisan masyarakat dan pihak terkait. “Setelah menjabat kapolres, saya akan berikan hidup saya sepenuhnya untuk melayani masyarakat khususnya dalam hal menjaga kamtibmas di wilayah Papua. Dan untuk melaksanakan itu, butuh kerjasama dengan semua lapisan masyarakat dan semua unsur terkait,” ujar Era.

Sumber: https://regional.kompas.com/read/2019/11/09/15321901/akbp-era-adhinata-pengungkap-penyelundupan-senjata-ke-papua-jabat-kapolres?page=all

LEAVE A REPLY