Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku Utara

Ternate, Semarak.news – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Maluku Utara memperingati Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia tahun 2019 dengan tema “Generasi Masa Depan, Generasi Peduli Sampah” di Kelurahan Makassar Timur, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara pada Selasa (29/10). Acara ini diikuti oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH), 4 (empat) balai dibawah Kementerian PUPR Maluku Utara dan masyarakat sekitar. Acara yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari ini memiliki acara puncak yang bertempat di Bogor, Jawa Barat pada (31/10) mendatang.

Asiwati Sanaky (kiri) dan Eddy Torano (kanan)

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya strategis Direktorat Jenderal PUPR, yakni “Gerakan 100-0-100” atau 100% terlayaninya air bersih, 0% pemukiman kumuh dan 100% terlayaninya sanitasi. Tujuannya adalah untuk memberikan motivasi dan menimbulkan kesadaran kepada masyarakat agar peduli terhadap lingkungan dan bahaya membuang sampah sembarangan,” ujar Eddy Sabar M. Torano, selaku Kasubbag Tata Usaha BPPW Maluku Utara. “Jadi, tugas Dinas PUPR bukan hanya tentang pembangunan infrastruktur saja, tetapi menjaga kebersihan lingkungan dan memotivasi masyarakat agar sadar terhadap kebersihan, itu juga tanggung jawab kami,” lanjutnya.

Asiwati Sanaky, selaku PPK PKP Provinsi Maluku Utara menegaskan, “Program Kotaku sudah menuai sukses di Kelurahan Soa Sio. Kami berharap, dengan adanya program ini masyarakat mendukung penuh dengan cara menjaga lingkungan yang sudah dibersihkan.” Kesadaran masyarakat yang masih minim, tidak tersedianya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara dan keterlambatan pengangkutan sampah menjadi kendala hingga saat ini. Namun, beliau tetap menghimbau agar masyarakat tidak bergantung kepada Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia yang hanya ada 1 (satu) kali dalam setahun, melainkan mulai menumbuhkan kesadaran dari diri sendiri terkait pentingnya kebersihan lingkungan. (laz/Putra)

LEAVE A REPLY