Korps HMI WATI Ternate Gelar Dialog Publik Pencegahan Konflik SARA di Malut

Korps HMI WATI Ternate Gelar Dialog Publik Pencegahan Konflik SARA di Malut

0
17
Abdul Rahman I. Marasabessy memberikan materi dalam Kegiatan Dialog Publik KOHATI Ternate

Ternate, semarak.news – Korps HMI WATI (KOHATI) Kota Ternate menggelar kegiatan dialog publik tentang “Pencegahan Potensi Konflik SARA di Malut” di Kantor Komisariat Syariah IAIN Ternate, Kota Ternate, Senin (28/07) malam. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pembicara Abdul Rahman I. Marasabessy (Mantan Rektor IAIN Ternate) dan Rusno Wahid (Perwakilan KNPI Kota Ternate.

Dalam kesempatan itu, Mantan Rektor IAIN Ternate tersebut menyampaikan bahwa permasalahan konflik SARA yang sering terjadi di Malut lebih disebabkan oleh permasalahan dan persoalan politik yang berlangsung di wilayah Malut.

“Politik hanya menjadi hal yang berdampak negatif bagi kehidupan masyarakat di Malut. Selain menyebabkan tindakan korup dari pejabat pemerintahan, politik telah menciptakan kelompok-kelompok kepentingan di lingkungan masyarakat yang selanjutnya dapat memicu potensi konflik bernuansa SARA di Malut”, imbuh Abdul Rahman I. Marasabessy yang pernah menjabat sebagai Rektor IAIN Ternate tahun lau.

Di lain kesempatan, Rusno Wahid yang juga hadir sebagai perwakilan KNPI Kota Ternate dan bertindak sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut menjelaskan mengenai peran pemuda dalam kehidupan bermasyarakan, berbangsa dan bernegara.

“Peran pemuda sangatlah penting dalam proses penanganan dan pencegahan konflik di Malut. Keberadaan HMI dan kader-kadernya memiliki tantangan yang lebih dan besar dalam menghadapi proses globalisasi yang terjadi saat ini”, tambah Rusno Wahid.

Keberadaan HMI dan KOHATI Kota Ternate sangat dibutuhkan dalam menghadapi dinamika sosial dan politik yang terjadi di Kota Ternate sebagai salah satu perwakilan kelompok pemuda di Malut. Tentunya hal ini perlu diberikan dukungan lebih terutama dari Pemda setempat untuk memfasilitasi kegiatan dari kelompok-kelompok pemuda yang ada di MAlut khususnya di Kota Ternate. (DIT) 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY