Padang, Semarak.News — Sumatra Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatra Barat saat ini. Provinsi ini berpenduduk sebanyak 4.846.909 jiwa dengan mayoritas beragama Islam. Provinsi ini terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Baru baru ini Wakil Gubernur Sumatera Barat ( Sumbar) Nasrul Abit menyebut 51 nagari atau desa di Sumbar masuk dalam kategori daerah yang tertinggal. Agar lepas dari status sebagai daerah tertinggal, perlu melakukan percepatan pembangunan.

“Nagari harus melakukan evaluasi setiap tahun. Tentu, para bupati yang nagarinya masuk dalam kategori tertinggal, ini harus menjadi fokus,” jelas Nasrul Abit.

Dikatakan Nasrul Abit, nagari yang masuk dalam kategori tertinggal terutama berkaitan dengan masalah pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, infrastruktur, listrik, dan komunikasi. Pemprov, lanjutnya, hanya bisa memfasilitasi.

“Bisa juga dibantu dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK), asal singkronisasi pembangunan bisa jalan di antara kabupaten dan kota. Barangkali ini perlu dilakukan secara detail,” ujar Nasrul Abit.

Selain itu, Wagub Nasrul Abit juga menyebut nagari atau desa bisa keluar dari kategori daerah tertinggal jika ada kontribusi Perguruan Tinggi yang ambil peran di dalamnya. Ia pun meminta, peranan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) diperkuat.

“Bantu administrasi dan surat menyurat nagari itu. Lalu, pantau dan buat suatu perencanaan pembangunan, pengawasan, dan evaluasi terhadap pembangunan,” jelas Nasrul Abit.

Mahasiswa yang sedang melakukan KKN diharapkan mampu membantu nagari mulai dari tata cara pengelolaan administrasi keuangan hingga pencairan dana serta pertanggungjawaban keuangan. Dikarenakan Mahasiswa tyang sedang KKN ke nagari merupakan kumpulan dari berbagai macam jurusan, ada keungan, hukum, hingga ekonomi pembangunan. Sehingga diharapkan mampu bersinergi dengan perangkat nagari untuk memajukan wilayahnya. [FD]

LEAVE A REPLY