Kasus PJJ USBM Nias Selatan, Mantan Bendahara Dinas Pendidikan Resmi Divonis

Kasus PJJ USBM Nias Selatan, Mantan Bendahara Dinas Pendidikan Resmi Divonis

0
45

Sidang Online Kasus Tipikor
Teluk Dalam, Nias Selatan. Vonis akhirnya dijatuhkan kepada mantan bendahara Dinas Pendidikan Nias Selatan (Nisel) Piterson Zamili atas kasus program Pendidikan Jarak Jauh Universitas Setia Budi Mandiri (PJJ USBM). Diketahui terpidana sebelumnya sudah ditahan sejak Desember tahun lalu. Majelis hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) akhirnya memberikan vonis 2 tahun 10 bulan penjara ditambah denda Rp 50 juta subsider 3 bulan.
 
Pembacaan putusan dilaksanakan ketika sidang secara online oleh ketua majelis hakim Sri Wahyuni Batubara, MH didampingi Syafril Perdamean Batubara, MH dan Feliy Da Lopez, MH di pengadilan Tipikor Medan, Kamis (28/5/2020) bersama dengan penasehat hukum terdakwa. Sementara terdakwa Piterson Zamili mengikuti sidang dari Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan. Begitu juga tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengikuti sidang online dari kantor Kejaksaan Negeri Nisel.
 
Dalam sidang pembacaan putusan itu, Piterson juga harus membayar kerugian negara sebesar Rp 745.954.718 atas kerjasama antara program PJJ antara Pemkab Nisel dan USBM pada tahun 2012 lalu.
 
“Hingga saat ini sudah ada 3 orang yang dijerat atas kasus itu dan pihaknya akan terus mengusut siapa-siapa saja yang terlibat, apalagi belum ada pengembalian negara atas kasus tersebut. Dari total kerugian negara Rp 5,8 miliar belum ada sama sekali pengembalian. Selain hal tersebut,  dijelaskan setelah putusan ini pihaknya akan terus melakukan pengembangan penyidikan untuk menentukan siapa yang bertanggungjawab atas kasus tersebut.” ujar Kajari Nisel Rindang Onasis, MH melalui Kasipidsus Solidaritas Telaumbanua.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY