Semarak.News – Malang, ratusan mahasiswa dari beberapa organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bersatu mengadakan aksi dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau Mayday (1/5) di depan Balai Kota Malang. Dalam aksi tersebut aliansi mahasiswa malang bersatu menuntut adanya menuntut perwujudan kesejahteraan kaum buruh dan akses demokrasi bagi rakyat sepenuhnya.

Selain itu, massa aksi juga menuntut pemerintah dan para pelaku ekonomi untuk memerhatikan kesejahteraan para buruh perusahaan atau pabrik yang selama ini disinyalir selalu diabaikan oleh pihak-pihak tersebut.
Wakorlap aksi mayday oleh Aliansi Mahasiswa Malang Bersatu Ridwan mengatakan bahwa pemerintahan Jokowi-JK selama satu periode ini belum mampu memberikan kontribusi besar terhadap kesejahteraan buruh, terbukti dengan upah buruh yang masih terbilang rendah. Menurutnya kebijakan pemerintah selama ini lebih menindas kaum buruh, apalagi dengan pemberlakuan PP 78 yang dirasa tidak pro terhadap kepentingan rakyat dan kaum buruh sehingga perlu pengkajian ulang. Tegas Ridwan.

Ridwan juga menyoroti pemberlakukan outsourcing yang selama ini menjadi biang keladi atas kesejahteraan buruh di Indonesia. Menurutnya outsourcing harus dihapuskan karena tidak memberikan keuntungan bagi kesejahteraan para buruh.

Layangkan sembilan Tuntutan

Aksi memperingati Mayday yang dilakukan oleh ratusan mahasiswa malang raya yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Malang Bersatu melayangkan sembilan tuntutan sebagi perwujudan perjuangan kaum buruh yang selama ini ditindas oleh berbagai kebijakan pemerintah. Sembilan tuntutan itu adalah:

1. Tolak politik upah murah, hapus sistem kerja kontrak, outsourcing, magang, dan PHK sepihak
2. Percepat pengkajian PP 78 Tahun 2015
3. Berikan hak normatif buruh perempuan
4. Tolak pemberangusan serikat dan berikan jaminan perlindungan hukum kepada aktivis serikat buruh
5. Wujudkan kebebasan berserikat, berkumpul, berorganisasi, dan kebebasan berekspresi, menyatakan pendapat bagi rakyat
6. Berikan sanksi tegas kepada perusahaan yang tidak membayar BPJS
7. Wujudkan pendidikan gratis, ilmiah, demokratis, serta bervisi kerakyatan
8. Nasionalisasi aset asing dibawah kontrol rakyat
9. Tolak keterlibatan militer di wilayah sipil

LEAVE A REPLY