Rapat Paripurna DPRD Membahas LKPJ Walikota Blitar

SEMARAK.NEWS, BLITAR - Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian LKPJ Pemerintah Kota Blitar tahun anggaran 2017 tetap dilaksanakan walaupun hanya dihadiri oleh 18 orang dari 25 orang anggota dewan. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Blitar, Drs. Slamet saat memberikan sambutan sekaligus membuka Rapat Paripurna di Ruang Sidang DPRD, Kota Blitar, Senin (9/04).

SEMARAK.NEWS, BLITAR – Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian LKPJ Pemerintah Kota Blitar tahun anggaran 2017 tetap dilaksanakan walaupun hanya dihadiri oleh 18 orang dari 25 orang anggota dewan. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Blitar, Drs. Slamet saat memberikan sambutan sekaligus membuka Rapat Paripurna di Ruang Sidang DPRD, Kota Blitar, Senin (9/04).

“Jumlah anggota dewan yang telah hadir sebanyak 18 orang, maka rapat Paripurna DPRD pada hari ini telah memenuhi quorum dan dapat dilaksanakan” beber Slamet.

Rapat paripurna dihadiri oleh unsur pimpinan DPRD Kota Blitar, Walikota dan Wakil Walikota Blitar, Sekda, jajaran OPD Kota Blitar, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan sejumlah tamu undangan.

Dalam pelaksanaan rapat yang singkat tersebut Walikota Blitar, M. Samanhudi Anwar mengakui jika penyelenggaraan pemerintahan Pemkot Blitar tahun anggaran 2017 masih perlu perbaikan, walupun demikian Pemerintah Kota Blitar telah bekerja keras dan berhasil mencetak beberapa prestasi dari tingkat regional hingga nasional.

“Selama tahun 2017 semua komponen telah bekerja keras melalui pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing, sehingga Kota Blitar mampu meraih 16 penghargaan baik tingkat nasional maupun regional, semua prestasi tersebut menunjukkan bahwa arah pembangunan daerah tahun 2017 telah berada dijalur yang benar, meskipun secara objektif masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki” ungkapnya.

Walikota juga menegaskan bahwa penyelenggaraan Pemerintahan Pemkot Blitar didasarkan atas tujuan mensejahterakan masyarakat dengan menerapkan APBD Pro Rakyat.

“Penyelenggaraan pemerintah sepanjang tahun 2017 terkait program dan kegiatan adalah upaya Pemkot Blitar untuk mencapai Visi dan Misi sesuai RPJMD 2016-2021 yaitu masyarakat Kota Blitar semakin sejahtera melalui APBD pro rakyat pada tahun 2021” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, walikota juga meyebutkan bahwa Pemkot Blitar akan menginformasikan perkembangan pelaksanaan program pemerintah berupa pembangunan dan pelayanan ke masyarakat. Hal tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkot Blitar dalam membangun lingkungan pemerintahan yang transparan.

“Selain menyampaikan LKPJ Pemkot Blitar juga akan menyusun LPPD untuk dilaporkan kepada Pemerintah Pusat serta menginformasikan kepada masyarakat, agar perkembangan penyelenggaraan Pemerintah terkait pembangunan dan pelayanan dapat diketahui oleh masyarakat” sebutnya.

Detil pembahasan LKPJ Walikot Blitar tahun anggaran 2017 akan dibahas dalam beberapa rapat paripurna DPRD mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Blitar, Glebot Catur Arianto pasca rapat paripurna penyampaian LKPJ Walikota Blitar.

“Tahapan setelah penyampaian LKPJ Walikota adalah pembahasan LKPJ dari pihak DPRD untuk materi penetapan pada paripurna mendatang” ucapnya.

Lebih lanjut Catur Arianto menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan yang harus diikuti diantaranya pembekalan anggota fraksi yang ikut menjadi Badan Anggaran, pembekalan anggota komisi, rapat kerja dengan tim anggaran eksekutif untuk evaluasi dan penyampaian catatan strategis pada penetapan akhir LKPJ Walikota Blitar tahun anggaran 2017.
(HN)

TINGGALKAN BALASAN