Program Sertifikat Gratis Presiden Jokowi, Kepala Desa Oeltua: Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat NTT

dok/semarak.news

KUPANG, Semarak.News – Ternyata program sertifikat gratis yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo mendapat respon yang baik dikalangan masyarakat Desa Oeltua, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT. Program tersebut memberikan peluang bagi warga Desa Oeltua untuk memperoleh penghasilan lebih serta lebih menaungi kejelasan dasar hukum tentang kepemilikan tanah masyarakat yang selama ini menjadi persoalan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Desa Oeltua (Daniel Mananel) kepada wartawan Semarak.News pada 3 April 2018.

“Persoalan sengketa lahan yang sampai saat ini bapak ibu rasakan sudah bisa terselesaikan, karena didalam sertifikat tersebut terdapat dasar hukum yang kuat sebagai bukti kepemilikan lahan jadi bapak ibu tidak perlu khawatir dengan masalah itu”. Kata Daniel

Sertifikat gratis ini nantinya akan dipergunakan oleh sebagian warga Desa Oeltua untuk mendapatkan modal dari bank dengan jaminan sertifikat gratis. Tetapi masyarakat NTT harus pandai dalam mengatur hal tersebut jangan sampai pinjaman modal kepada bank tidak sebanding.

“Bapak dan ibu juga harus pintar-pintar dalam mengatur pinjaman modal kepada bank, jangan sampai pinjaman modal tidak sesuai dengan harga lahan pada sertifikatnya seperti contoh untuk mendapatkan uang 5 juta tetapi taruhannya sertifikat”. Tambah Kades Daniel

Kesan baik tersebut juga diungkapkan oleh beberapa warga Desa Oeltua yang sedang hadir dalam kegiatan sosialisasi oleh Kepala Desa Oeltua yang dilaksanakan di (BUMDesa) Oeltua. Mereka mengaku telah terbantu dalam mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya serta membantu dalam menyelesaikan permasalahan sengketa lahan yang sudah sejak lama tidak terselesaikan.

“beta ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada Presiden Jokowi yang telah membantu katong melalui sertifikat gratis ini, sertifikat gratis ini sudah membantu lahan-lahan katong karena untuk membuat sertifikat lahan butuh uang yang banyak sedangkan beta tidak mampu untuk mengurusnya, dan juga banyak dari kita juga punya masalah sengketa lahan tapi dengan adanya bantuan sertifikat gratis dari Bapak Presiden Jokowi katong merasa tertolong. Terimakasih Presiden Jokowi”. Ungkap Nudi Nedeng dan beberapa warga Desa Oeltua.

Presiden Jokowi telah mencanangkan untuk memberikan 90 ribu sertifikat kepada masyarakat Provinsi NTT. Hal tersebut diungkapkan ketika kunjungan Presiden Joko Widodo ke Provinsi NTT pada awal tahun 2018. (DP)

TINGGALKAN BALASAN