Prihatin Nilai Tukar Rupiah Anjlok, Mahasiswa Lakukan Demonstrasi di Depan Kantor Sri Mulyani

Demo BEM SI di Kemenkeu Sumber : Akun Instagram @bem_si

Jakarta, Semarak.News – Ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) wilayah Jabodetabek dan Banten menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Kementrian Keuangan (Kemenkeu), pada Jum.at (14/9).

Ratusan Mahasiswa yang memakai berbagai jas almamater dari berbagai perguruan tinggi mulai memadati Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pukul 14.00 WIB. Kemudian setelah itu mulai bergerak ke kantor Kemenkeu untuk menyampaiakan aspirasi.

Di depan Kementrian Keuangan Mahasiswa membentuk pagar betis sembari menggelar orasi dan aksi treatikal mengenai rupiah melemah. Aksi ini dilakukan karena prihatin dengan nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) yang anjlok.

Pengunjuk rasa menyuarakan beberapa poin tuntutan, di antaranya mendesak pemerintah agar menjaga stabilitas harga bahan pokok, di tengah melemahnya Rupiah tanpa harus mengintimidasi produk-produk lokal untuk bersaing di pasar nasional.Mereka pun mendorong pemerintah untuk memperluas ekspor dan mengakomodir produk lokal agar lebih dikenal, serta mencari pasar alternatif untuk mengurangi impor.

Selanjutnya mereka juga menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan penggunaan profuk lokal dan mengurangi konsumsi produk asing supaya nilai tukar rupiah bisa menguat secepatnya.Lalu mereka juga menekankan pemerintah mengenai sistem bongkar muat di pelabuhan yang harus dipermudah supaya sistem ekspor dalam negeri ke luar negeri lebih mudah. (RNRP)

TINGGALKAN BALASAN