Jumpa pers Presiden Joko Widodo usai Rakernas APPSI 2018.[Foto: Zulkarnain]

Bandung.Semarak News – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2018 Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang dilaksanakan di The Hotel Trans Luxury Bandung di hadiri oleh orang nomor 1 di Indonesia.

Presiden Joko Widodo menghadiri Rakernas APPSI 2018 setelah melakukan peninjauan terhadap RS Hasan Sadikin, tiba di Hotel Trans pada pukul 16.00 WIB.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengarahkan para gubernur untuk menumbuhkan ekonomi di masing-masing provinsi yang dipimpinnya dengan mengintegrasikan pola distribusi barang atau perdagangan dengan provinsi lain, dipandu pemetaan dan pendataan komoditas yang up to date.

Pernyataan tersebut dikatakannya seusai memberikan pengarahan pada Rakernas APPSI saat jumpa pers. Rapat tersebut dihadiri oleh 24 gubernur dan 10 perwakilannya.

“Ini membentuk sebuah desk dalam rangka mengintegrasikan pola distribusi ke provinsi, mana yang lebih (menghasilkan komoditas), mana yang kurang (membutuhkan komoditas), sehingga informasi cepat,” kata Jokowi seusai memberikan pengarahan tersebut.

Penguatan ekonomi daerah menjadi isu utama dalam Rakernas APPSI ketiga ini seiring tema yang diambil “Kerja Sama Perdagangan Antar Daerah untuk Penguatan Ekonomi Nasional.” Dalam kesempatan tersebut, 34 provinsi di Indonesia merancang penguatan perdagangan antar provinsi.

“Saya bakal menyiapkan Instruksi Presiden setelah dibuat peraturannya. Jangan sampai, katanya, koordinasi ini malah makin memperumit hubungan antar provinsi, padahal seharusnya memudahkan dan mempercepat aktivitas perekonomian,” pungkas Joko Widodo. (Zul)

TINGGALKAN BALASAN