Pilkada Papua Barat, Bawaslu Ingatkan ASN Jaga Netralitas

Pilkada Papua Barat, Bawaslu Ingatkan ASN Jaga Netralitas

0
15
Ilustrasi Pilkada 2020. (https://panrita.news/2019/07/09/pilkada-serentak-2020-dilaksanakan-rabu-23-september/)

Manokwari, Semarak.News – Sembilan kabupaten di Provinsi Papua Barat, yakni Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama,Kaimana, Fakfak, Sorong Selatan dan Raja Ampat akan menyelenggarakan Pilkada serentak 2020. Jauh-jauh hari, ASN (Aparatur Sipil Negara) di 9 kabupaten tersebut agar menjaga netralitas, tidak terjebak dengan dukung-mendukung pasangan calon kepala daerah tertentu.

Komisioner Bawaslu Papua Barat, Muhammad Nazil Hilmi berharap ASN di sembilan daerah tersebut berhati-hati dalam menyikapi perkembangan politik, tak terkecuali di media sosial baik facebook, intagram, twitter dan lain sebagainya. Bahkan hanya sekadar memberi tanda jempol atau like pada status di media sosial pun tidak diperbolehkan.

“Hanya memberi tanda jempol atau like pada status di media sosial pun tidak boleh. Apalagi terlibat langsung dalam suksesi kandidat. Mereka harus netral,” kata Nazil Hilmi kepada wartawan di kantornya, Kamis (16/1/2020).

Bawaslu Provinsi Papua Barat lanjut Nazil, telah menginstruksikan Bawaslu kabupaten untuk membuka Posko Pengaduan di wilayah masing-masing. Masyarakat dapat berpartisipasi langsung dengan mengadukan temuannya ke Posko tersebut.

Bagi ASN yang melanggar, pada tahap pertama akan dilakukan proses pencegahan dengan memberikan teguran. “Kalau masih bandel kita akan proses sampai di tingkat Komisi ASN. Kami ingatkan sejak dini aparatur sipil negara (ASN) harus netral pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020,” katanya.

Dia berharap, Pilkada di 9 kabupaten di Papua Barat berjalan damai dan lancar. Netralitas ASN, TNI serta Polri merupakan faktor penting dalam mewujudkan Pilkada yang aman dan damai. “Mari kita semua sama-sama berharap agar tensi politik di sembilan daerah ini terjaga. Begitu pula penyelenggara dapat melaksanakan tugas sesuai aturan. Jangan ada yang coba main-main,” pungkasnya.

Sumber: https://www.radarsorongnews.com/2020/01/18/pilkada-asn-diingatkan-jaga-netralitas/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY