Polemik Kependudukan Pendatang di Hutan Produksi, Jadi Pekerjaan Rumah Pemda Jambi.

 

Jambi, Semarak.news – Persoalan pendatang yang tidak mengantongi dokumen kependudukan di Provinsi Jambi tepatnya di Rantau Jaya di patokan KM 55 Kecamatan VII Koto, Kabupaten Tebo, Memicu Disdukcapil setempat untuk bebenah membereskan masalah ini.

Camat VII Koto, Alfian menegaskan bahwa masalah identitas kependudukan warga pendatang yang tinggal di kawasan Hutan Produksi (HP) Rantau Jaya sudah terjadi sejak 2012 yang lalu. Kendati demikian warga Rantau Jaya dan sekitarnya berulang kali mengajukan pembuatan E-KTP namun tetap tak bisa diakomodir. Lantaran, mereka menetap di atas kawasan HP.

Data kependudukan warga Rantau Jaya yang sebelumnya telah mereka cabut ditolak Disdukcapil Tebo dan terpaksa kembali ke tempat asal mereka tinggal. Jumlah KK warga di Rantau Jaya yang di klaim mereka mencapai 1276 KK. Namun secara administrasi tidak bisa dimasukan dalam data resmi Kecamatan VII Koto.

Adanya sarana pendidikan di sana seperti sekolahan di akui Camat Alfian, tidak menjadi permasalahan. Namun untuk data kependudukan agar warga diakomodir untuk pembuatan KTP memang tidak bisa. (IR) 

TINGGALKAN BALASAN