Polda Malut Siap Menghadapi PSU

Ternate, Semarak.News – Pemilihan Suara Ulang (PSU) Pilgub Maluku Utara bukan suatu hal yang baru di daerah ini, pasalnya Maluku Utara sudah sering melaksanakan PSU. Hal ini terjadi karena kekurangan dari aparat penyelenggara dan bukan kekurangan dari pengamanan dari pihak kepolisian, beberapa alasan terjadinya PSU adalah penggelembungan suara, tidak menandatangani formulir, hilangnya kotak suara, pemilih ganda, orang yang sudah meninggal namun masih tertera dalam pemilih.

Kabid Humas AKBP Hendri Badar mengatakan pihak Polda Malut akan melaksanakan Ops. Mantap Raja yang akan dilaksanakan di 90 TPS yang tersebar di kab. Sula kep. sula 50 TPS dengan 100 personil dan dibantu BKO, kec. Taliabo barat pulau Taliabo 24 TPS 48 personil dan di bantu BKO, sedangkan di 6 desa ada 16 TPS, meliputi kab. Halmahera Barat dan Halmahera Utara 32 personil, serta bantuan dari rekan TNI. Adapun persiapan yang dilaksanakan berupa personil, rencana pengamanan, dan pergeseran pasukan yang akan dilaksanakan pada H-7 10/10/2018. AKBP Hendri Badar berharap stakeholder yang ada di 3 kabupaten bisa membantu misalnya KPU, KPPS dan BAWASLU dari tingkat desa sampai tingkat provinsi.

Kabid Humas Polda Malut AKBP Hendri Badar mengatakan bahwa kendala saat PSU nanti terdapat dalam hal transpotasi karena 75% Maluku Utara adalah lautan, dan 6 desa terdekat perlu menggunakan kendaraan laut terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan kendaraan darat hingga sampai ke TPS. Berbeda dengan kab. Sula kep. Sula yang memerlukan 17 jam naik kapal, lalu dari Sula ke Taliabo 17 jam lagi, dan dari 1 TPS ke TPS lain ada jarak 1 sampai 4 jam, belum lagi kalau gelombang dan ombak yang tinggi yang akan menghalangi dan memperlambat ketepatan waktu. Polda Malut berharap saat PSU masyarakat yg sudah jadi DPT antusias untuk memilih di TPS yang ada, serta masyarakat diharapkan menjaga keamanan dan ketertiban saat PSU berlangsung di TPU dan siapapun yang akan memenangkan PSU nantinya dapat didukung karena sudah sesuai prosedur yang ada.

(MZ & PT)

 

TINGGALKAN BALASAN