PKK Kab. Banjar Gelar Seminar Pemulasaran Jenazah

Sumber : Semarak news Kab. Banjar

Martapura, Semaraknews – Tim penggerak PKK Kabupaten Banjar pada Senin (16/4) pagi melaksanakan seminar Pemulasaran Jenazah untuk meningkatkan Kualitas Hidup Perempuan di Tim PKK Banjar,  Martapura.

Ketua PKK Kabupaten Banjar,  HJ Raudhatul Wardiah mengatakan,  Pemerintah Kab. Banjar mengapresiasi kegiatan ini, selain karena dapat memberikan pengetahuan terkait pengurusan jenazah, juga dapat meningkatkan peran daripada perempuan dalam kegiatan sosial.

“Atas nama pemerintah saya sangat mengapresiasi kegiatan ini,  dengan adanya seminar Pemulasaran jenazah ini,  akan membekali kita dengan ilmu yang sangat bermanfaat,  karena memandikan Jenazah ini hukumnya Fardhu kipayah,  dan lewat seminar ini juga kita bisa memandikan jenazah sesuai dengan syariat islam, “ujarnya

Salah satu peserta seminar Siti Kalsum,  warga Sei Sipai, Martapura Kota,  Kabupaten Banjar menyampaikan bahwa dirinya sangat tertarik mengikuti seminar pemandian Jenazah ini karena di wilayahnya sangat sedikit yang bisa memandikan Jenazah.

“Saya sangat tertarik mengikuti pelatihan ini,  karena di wilayah saya hanya satu orang yang bisa memandikan jenazah,  kadang bisa saja dianya berhalangan. Itu alasan saya juga mengikuti seminar Indonesia.” Kata Siti.

Hal senada juga disampaikan oleh warga Manarap kertak hanyar,  HJ Rosnaniah,  dia mengatakan di desanya saat ini tidak ada yang bisa memandikan jenazah, dan selama ini selalu memanggil orang luar jika ada yang meninggal untuk memandikannya.

” Dulu sih ada tapi udah meninggal,  dan tidak ada lagi penerusnya,  karena itu saya ikut pelatihan ini,  saya pengen di kampung saya tidak perlu jauh-jauh lagi mencari orang yang bisa memandikan jenazah, ” ujarnya.

Pelatihan tersebut dipimpin langsung oleh anggota dari MUI kab Banjar.

Selain dihadiri Ketua Tim penggerak PKK,  hadir pula dari perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banjar.

Kegiatan semacam ini sangat diperlukan masyarakat Kab. Banjar karena iklim Kab. Banjar yang sangat Islami, sehingga kegiatan yang berhubungan dengan syariat Islam tentu akan sangat didukung. (TN)

TINGGALKAN BALASAN