Pimpinan Partai Oposisi Zimbabwe Morgan Tsvangirai Tutup Usia

Harare, Semarak.news—“Pemimpin partai oposisi Tsvangirai tutup usia setelah bergelut dengan kanker usus besar ” Ucap wakil presiden Peregerakan Demokrasi (Movement for Democratic Change), Elias Mudzuri pada Rabu (13/2) kepada Reuters.

Ia meningggal pada umur 65 tahun atau 38 hari sebelum ulang tahun ke-66. Sebuah takdir Tuhan, ia bergelut dengan kanker selama 18 bulan salah satu rumah sakit di Johanesburg, kota terbesar di Afrika Selatan.

Semasa hidup, ia dikenal sebagai seorang politisi yang rendah hati. Pada puncak karirnya, ia menjabat sebagai perdana menteri. Jabatan tersebut ia sandang pada tanggal 11 Februari 2009  dan berakhir pula pada tanggal sebelas—11 September 2013.

Bisa dikatakan ia bersikap kaku terhadap partner kerjanya—Robert Mugabe—presiden pada masa itu. Ia menyuarakan kesamaan hak dan keadilan bagi kaum minoritas. Hal ini mengingat latar belakangnya yang pernah putus sekolah karena kondisi ekonomi yang mampu.

Anak dari pasangan Dzingirai-Chibwe Tsvangirai dan Lydia Tsvangirai ini merupakan sulung dari 9 bersaudara. Ia lahir pada 10 Maret 1952 di Distrik Guru, Provinsi Masvingo di Zimbabwe bagian tengah. (MDZ)

TINGGALKAN BALASAN