Pesta Tahun Kesehatan dan Kebersihan dalam lingkungan hidup Distrik Asahan – Labuhan Batu (ASLAB) tahun 2018

para undangan berfoto bersama

Tanjung Balai,Semarak.News – Pemko Tanjungbalai Mendukung dan Mengapresiasi HKBP ikut Berperan dalam Program Pembangunan Nasional mewujudkan Pola Hidup Sehat dan Bersih dalam Lingkungan. Pucuk pimpinan gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing membuka dan meresmikan Pesta Tahun Kesehatan dan Kebersihan dalam lingkungan hidup Distrik Asahan – Labuhan Batu (ASLAB) tahun 2018 yang dipusatkan di HKBP Tanjungbalai Resort Tanjungbalai (Minggu,7/10/2018).

Acara tersebut dihadiri Wali Kota yang diwakili Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung S. Sos, M.I.Kom, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Ebenezer Sitorus, Forkopimda Kota Tanjungbalai Wakil Ketua DPRD Tanjungbalai Leiden Butar-butar, mewakili Kapolres Tanjungbalai, mewakili Danlanal TBA, mewakili Dandim 0208/AS, mewakili Kapolres Asahan, Praeses HKBP Distrik XIII ASLAB Pdt. Bernard Manik, S.Th, Pdt. Ramli Gultom Pendeta Resort Tanjugbalai, Ketua Umum Panitia Tahun Kesehatan dan Kebersihan dalam Lingkungan Hidup dr. Andrew G Sitorus, M.K.M, FKUB Kota Tanjungbalai, BKUK Tanjungbalai dan ribuan Jemaat HKBP Se Distrik XIII ASLAB.

Sebelum pesta puncak Tahun Kesehatan dan Kebersihan dalam Lingkungan Hidup, acara terlebih dahulu dimulai dengan kebaktian, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Ephorus HKBP Darwin Lumbantobing dan Wali Kota Tanjungbalai yang di Wakili Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung.

Kemudian dilanjutkan dengan Pemotongan Kue Ulang Tahun sebagai simbol Ulang Tahun HKBP Ke 157 Tahun oleh Ephorus, pengurus gereja dan Pemerintah setempat serta Pemberian Ulos Kehormatan yang diberikan oleh Ephorus HKBP kepada yang mewakii Pemerintah Kota Tanjungbalai yang diterima Asisten Pemerintah begitu juga dengan Forkopimda dan Undangan.

Ephorus HKBP Ompui Pdt. Dr Darwin Lumbantobing, mengatakan, Pencanangan Tahun Kesehatan dan Kebersihan dalam lingkungan hidup ini merupakan kali ketiga yang dilakukannya setelah tahun tahun 2016 lalu mengusung program Tahun Keluarga, tahun pendidikan dan pemberdayaan.

“Pencangan ini merupakan ajakan bagi seluruh jemaat HKBP yang ada didunia untuk menjadi keluarga jemaat yang sehat dan bersih dalam lingkungan hidupnya serta harus peduli dengan lingkungan hidup disekitarnya,” kata Darwin.

“Program ini tentunya adalah program yang luhur dan mulia yang patut disambut dan didukung oleh jemaat HKBP yang tersebar di seantero nusantara ini,” ujarnya.

“Peranan HKBP dalam melahirkan serta menciptakan anak-anak bangsa dinegeri sudah tidak terpungkiri lagi. Banyak anak bangsa yang sudah mengambil peran masing-masing dalam mengisi pembangunan di Negeri ini,” ucapnya.

“Biarlah acara Pencanangan tahun kesehatan dan kebersihan dalam lingkungan hidup ini dapat menjadi panduan dan pelita bagi seluruh jemaat HKBP menuju masyarakat sehat, bersih, dan cinta lingkungan hidup, serta sejahtera dan optimis dalam menapak masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Wali Kota Tanjungbalai yang diwakili Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung menyampaikan salam dari Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH dikepada Pimpinan Tertinggi HKBP Ompui Pdt.Dr Darwin Lumbantobing serta seluruh Jemaat HKBP yang hadir dalam kesempatan kali ini. Sebelumnya Wali Kota akan menghadiri acara ini, namun karena ada pertemuan khusus dengan Presiden RI Joko Widodo di Medan di hari yang sama maka berhalangan untuk hadir.

Asisten Pemerintahan, Nurmalini Marpaung dalam sambutannya membacakan Sambutan Wali Kota Tanjungbalai mengatakan selamat “Pesta Tahun Kesehatan dan Kebersihan dalam Lingkungan Hidup Distrik XIII ASLAB tahun 2018”, sesuai dengan Visi Pemko Tanjungbalai “BERSIH” Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis, saya sangat mendukung Program yang dilaksanakan oleh HKBP yang sangat Mulia diantaranya Donor Darah, Operasi Katarak, Operasi Bibir Sumbing, Penyuluhan Kesehatan, Gotong Royong dan lainnya. Saya berharap kegiatan ini terus dilaksanakan dan berkesinambungan.

Mengingat Program HKBP tahun ini yakni Kesehatan dan Kebersihan dalam Lingkungan Hidup mengajak kita semua untuk menjalani Pola Hidup Sehat baik Jasmani dan Rohani, hidup sehat dapat terwujud dari Lingkungan sekitar khususnya tempat tinggal kita dan keluarga maka dari itu menjaga kebersihan dan lingkungan hidup yang sehat adalah cermin dari pola hidup sehat dan untuk itu mensosialisasikan sadar akan pentingnya kesehatan adalah tugas kita bersama.

Dalam kesempatan ini juga saya mengajak kita semua yang hadir khususnya Jemaat HKBP bersama-sama mendoakan saudara-saudara kita yang tertimpah musibah di Palu dan Donggala kiranya negara kita senantiasa dilindungi Allah SWT, Ujarnya.

Acara diakhiri dengan Pemberian Buku dari Panitia dan Ulos Kehormatan kepada Pemerintah Kota Tanjungbalai yang disampaikan Oleh Ephorus HKBP dan Forkopimda serta Undangan yang hadir serta Pemotongan Kue sebagai simbol Ulang Tahun HKBP ke 157 Tahun.

TINGGALKAN BALASAN