Pesta Demokrasi di Depan Mata, Polres Deli Serdang Menggelar Deklarasi Pemilu Damai

Peserta Deklarasi Pemilu 2019 di Deli Serdang (sumber: dokumen pribadi)

Deli Serdang, Semarak.News – Menghadapi masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 yang sudah siap di depan mata, Polres Deli Serdang menggelar kegiatan “Deklarasi Pemilu 2019 Damai, Aman, dan Sejuk”bertempat di Balairung Pemeritah Kabupaten Deli Serdang, Selasa (25/09/18).

Penandatangan Deklarasi Pemilu 2019 oleh perwakilan partai politik dan aparat keamanan (sumber: dokumen pribadi)

Acara tersebut diadakan Polres Deli Serdang sebagai upaya pencegahan juga sosialisasi kepada seluruh aspek masyarakat untuk dapat mewujudkan pesta demokrasi yang sejuk, damai, dan kondusif di Kabupate Deli Serdang.

Kapolres Deli Serdang, AKBP Eddhy Suryanta Tarigan dalam kesempatannya membuka acara deklarasi damai mengungkapkan, potensi kerawanan terdapat pada pelanggaran pemilu hingga tindak pidana yang apabila terjadi harus ditangani secara transparan dan akuntabel, misalnya penyebarn hoax dan [penggunaan isu SARA yang kini sedang gencar dilakukan di media sosial, hate speech, politik uang, dan kampanye gelap. Ia mengajak semua pihak untuk bekerja bersama-sama menciptakan pemilu yang damai, aman, dan sejuk.

Pembicara kedua, Ketua KPUD Deli Serdang, Timo Dahlia Daulay mengingatkan kepada seluruh pimpinan perwakilan partai politik bahwasanya pihaknya telah menyiapkan Alat Peraga Kampanye (APK) berikut dengan tempat-tempat yang dapat digunakan untuk pemasangan kampanye dan mengingatkan untuk selalu berkoordisasi dengan partai masing-masing dalam hal pemasangan APK, karena apabila tidak sesuai dengan ketentuan, APK akan ditertibkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Selain itu konten yang digunakan untuk berkampanye juga perlu diperhatikan oleh seluruh partai.

Sebelumnya Timo juga menyampaikan apresiasinya terhadap perwakilan pimpinan partai politik Kabupaten Deli Serdang yang dinilai sudah tertib dalam menjalani proses demokrasi Pilkada Serentak 2018 yang lalu, semoga juga dengan Pilpres dan Pileg tahun ini, ujarnya.

Zainudin Mars, Wakil Bupati Deli Serdang pun berharap agar warganya tidak meributkan apa yang telah menjadi pilihan masing-masing individu. Pihaknya mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dengan semangat kesatuan dalam kebersamaan, menggunakan hak pilihnya, dan menjaga sikap toleransi serta saling menghormati. (FG)

TINGGALKAN BALASAN