Perusahaan Start-Up di Indonesia Semakin Berkembang Pesat

(Sumber : serpongonline.com)

Jakarta, Semarak.news – Perusahaan start-up atau rintisan di Indonesia dinilai berkembang pesat oleh sejumlah kalangan, hal ini menjadikan perusahaan start-up seperti contohnya Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak menjadi unicorn karena didukung pasar yang besar serta jumlah pengguna internet yang sangat tinggi sehingga menjadikan Indonesia sebagai induk ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), mengeluarkan data pada akhir 2017 ada sebanyak 143,26 juta orang Indonesia menggunakan internet. Hal ini tentu menjadikan pasar yang sangat prospektif bagi pelaku perusahaan start-up untuk menjadi unicorn.

Unicorn ialah artian bagi perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar dollar AS atau setara Rp13,5 trilliun. Dilihat dari kondisi saat ini paling tidak ada empat pelaku bisnis yang menjadi unicorn, yakni Go-jek, Tokopedia, Traveloka dan BukaLapak.

Salah satu contoh perusahaan yang sangat berkembang pesat yakni Go-Jek yang saat ini telah melakukan ekspansi pasar ke Vietnam. Kendati demikian, dalam situasi nilai tukar rupiah yang sedang melemah saat ini, diharapkan Go-Jek bisa memaksimalkan penguasaan pasarnya di dalam negeri terlebih dahulu. (IR) 

TINGGALKAN BALASAN