Perpanjangan Pendaftaran Anggota KPU di Kepulauan Riau

Pendaftaran Anggota KPU

Batam, Semarak.news – Terjadinya perpanjangan pendaftaran calon anggota KPU di Provinsi Kepulauan Riau disebabkan karena terdapat dua kabupaten yang tidak berhasil memenuhi kuota hingga 11 Maret 2018.

Berdasarkan pengumuman perpanjangan pendaftaran calon anggota KPU Kabupaten/Kota Prov. Kepri periode 2018-2023 No. 04/Pu/TIMSEL/KPU/KAB-KOTA/KEPRI/III/2018, pendaftaran calon anggota KPU Kab/Kota Provinsi Kepulauan Riau diperpanjang mulai tanggal 13-21 Maret 2018.

Perpanjangan tersebut terjadi di Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna, dimana baru terpenuhi 15 orang pendaftar di Anambas dan 8 orang pendaftar di Natuna.

Hal itu dikarenakan jumlah minimal pendaftar di tiap kabupaten/kota sebanyak 18 orang atau 6 kali dari jumlah yang dibutuhkan, yaitu 3 orang.

Namun khusus untuk Kota Batam membutuhkan sebanyak 5 orang anggota KPU, sehingga minimal terdapat 30 orang pendaftar di Kota Batam.

Sebagaimana tercantum pada pasal 19 ayat 3 Peraturan KPU RI No.7 Tahun 2018 tentang seleksi anggota KPU provinsi Kabupaten/Kota, bahwa apabila jumlah pendaftar tidak mencapai paling sedikit 6 kali dari jumlah anggota KPU provinsi dan Kabupaten/Kota yang dibutuhkan, maka pendaftaran akan diperpanjang selama 7 Hari.

Pendaftaran calon anggota KPU tidak diperpanjang di 5 Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Kepulauan Riau karena telah memenuhi syarat jumlah minimal pendaftar. Jumlah pendaftar di kelima kabupaten/kota tersebut antara lain:

  1. Kota Tanjungpinang : 25 orang
  2. Kota Batam : 72 orang
  3. Kabupaten Bintan : 27 orang
  4. Kabupaten Karimun : 19 orang
  5. Kabupaten Lingga :  24 orang

Kemudian untuk pengumuman kelulusan tes administrasi calon anggota KPU Kab/Kota akan dilakukan setelah perpanjangan pendaftaran selesai pada 22 Maret 2018. Kemudian dilaksanakan tahapan selanjutnya yaitu Computer Assisted Test (CAT) yang rencana akan dilaksanakan di Kantor BKN Batam pada 26 Maret 2018 mendatang. (RN)

TINGGALKAN BALASAN