Peringati Hari Perempuan Nasional, Ribuan Wanita Turun Ke Jalan

Source : tirto.id-arimacs-wilander.jpg

Jakarta, Semarak.news – Ribuan wanita di Jakarta, Kamis (8/3/2018) turun kejalan dalam memperingati hari perempuan nasional. Mereka berdiri di depan Gedung DPR untuk menyuarakan tuntutannya. Salah satunya adalah pelarangan pemakaian cadar di kampus UIN Sunan Kalijaga.

Selain itu, dilansir dari laman twitter Mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD mengatakan, “Tdk ada yg berhak melarang orang menutup diri dengan cara berpakaian apa saja. Tapi jangan pula menista orang yang berpakaian biasa saja sebagai melanggar agama. Pakaian itu boleh apa saja, asal sopan saja.” Begitu ditulisnya dalam kesempatan menjawab pertanyaan dari seorang warganet.

Beberapa peserta aksi sangat menyanyangkan keputusan ini karena pelarangan tersebut mengekang perempuan bercadar untuk bebas bereskpresi.

Sebelumnya UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, dalam surat keputusan  nomor B-1031/Un.02/R/AK.00.3/02/2018 menjelaskan bahwa mahasiswa dilarang menggunakan cadar.

Pihak kampus juga membentuk tim konseling agar mahasiswi mau melepas cadarnya tersebut. Pihak kampus mengkhawatirkan terjadinya joki karena penggunaan cadar. Selain UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Ampel juga menerapkan peraturan demikian.

TINGGALKAN BALASAN