Gorontalo, Semarak.News – Tepat pada tanggal 28 Oktober kita memperingati hari “Sumpah Pemuda” dimana kala itu seluruh pemuda di Indonesia mulai dari Jong Sumatra, Jong Selebes, Jong Java mengikrarkan “Sumpah Pemuda” untuk mempersatukan Indonesia.

Begitu juga di Kota Gorontalo hari ini (29/10) para pemuda dari berbagai kalangan dan organisasi di Kota Gorontalo membuat aksi memperingati hari Sumpah Pemuda dengan melakukan orasi di depan Universitas Negeri Gorontalo. Mereka menyerukan persatuan dan keadilan bagi mahasiswa dan masyarakat terutama masayarakat kalangan bawah yang sangat jarang mencicipi rasanya bangu pendidikan.

“Di Indonesia sudah mulai terjadi perpecahan dan ketidak adilan, mari kita gaungkan dan ciptakan kembali persatuan dengan Bhineka Tunggal Ika, Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat!” ujar Akbar seorang mahasiswa dalam orasinya.

Sudah banyak terjadi ketidakadilan dan perpecahan di masyarakat dan pemeritah. Masih banyak para pemuda dan anak-anak calon penerus dari generasi muda yang berprestasi putus sekolah karena keterbatasan biaya dan harus sudah merasakan pahitnya bekerja demi menghidupi keluarga dan dirinya sendiri.

“Pemerintah tolong wujudkan pendidikan gratis bagi masyarakat terutama dari kalangan menengah kebawah, wujudkan kesetabilan ekonomi, dan mari bersamamenjaga persatuan dan menghindari perpecahan dengan Bhineka Tunggal Ika.” ujar Akbar.

Setelah melakukan orasi secara serempak para mahasiswa mengucapkan Sumpah Pemuda dan Sumpah Mahasiswa sebagai perwujutan dari tekat dan semangat dari mahasiswa sebagai pemuda dan kecintaan terhadap Indonesia agar Indonesia kedepannya menjadi lebih baik.

Semoga dengan diperingatinya hari Sumpah Pemuda ini ke depannya di Indonesia dapat terwujud sekolah gratis bagi seluruh masyarakat terutama dari kalngan menegah kebawah serta menjaga persatuan dan kesatuan yang ada agar terhindar dari perpecahan antar saudara se-tanah air. (RC)

 

Artikel ini juga terbit di http://wali-news.com/berita/hari-sumpah-pemuda-di-gorontalo/ dan ditulis oleh Ravenala C

LEAVE A REPLY