Penilaian Akreditasi, Puskesmas Datuk Bandar dan Semulajadi Kedatangan Tamu

Tanjungbalai,Semarak.news- Puskesmas Datuk Bandar hari ini (22/10) kedatangan tiga orang tamu penting yaitu tim survey akreditasi yang terdiri dari,Ketua Tim drg. Tri Saptarini, M.Kes, Satrinawati,S.Sit, M.Kes, Phd dan dr.H Fahrurazi, M.Kes. Kedatangan mereka adalah dalam rangka melaksanakan tugas dari Direktorat Jenderal Komisi Akreditasi FKTP dalam menyikapi surat dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang ditujukan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Kedatangan mereka di Puskesmas Datuk Bandar adalah untuk melaksanakan survey yang kemudian disambut oleh Pj.Sekretaris daerah Halmayanti,SH bersama dengan Asisten Ekbangsos Drs.H Abdul Hayyi Nasution dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjung Balai Burhanudin Harahap SKM.

Ketua tim survey dr.Sri Saptarini mengatakan tugas tim adalah melihat langsung keadaan puskesmas secara nyata. Ada tiga hal yang dinilai, yaitu, administrasi dan manajemen puskesmas, upaya kesehatan masyarakat perorangan dan lintas sektoral dalam upaya peningkatan mutu kesehatan, dan pelayanan. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan puskesmas terhadap masyarakat. Dengan itu diharapkan tidak ada lagi kejadian malpraktik di puskesmas.

Sememtara itu Pj.Sekretaris daerah Halmayanti,SH berharap puskesmas di kota Tanjungbalai dapat diakreditasi. Tahun ini ada empat puskesmas yang akan dinilai, yaitu, Puskesmas Datuk Bandar, Semulajadi, Kampung Baru, dan Kampung Persatuan. Dengan akreditasi itu Halmayanti berharap pelayanan kesehatan masyarakat makin meningkat. “Harapan kami, tim penilai dapat memberikan nilai terbaik bagi Puskesmas di Tanjungbalai, namun jika ditemukan masih ada kekurangan, agar disampaikan ke Pemko agar bisa berbenah kedepannya” ujarnya

Senada dengan Halmayanti, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai Burhanudin Harahap mengatakan bahwa tujuan akreditasi adalah untuk peningkatan mutu pelayanan, dan memacu puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan. Beliau berharap, penilaian akreditasi dari Puskesmas Datuk Bandar dan Semulajadi yang menjadi lokasi penilaian pertama dapat memacu dan memotivasi kita semua untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Tak lupa dia juga mengucapkan terimakasih kepada tim penilai dari Kementrian kesehatan RI. Semoga penilaian dapat berjalan lancar dan sukses, tutupnya(YS)

TINGGALKAN BALASAN