Pelepasan 50 Ekor Tukik di Joels Bugalow Kuala Cut, Lampuuk, Aceh Besar

Aceh, Semarak.News – Tepat pukul 5 sore masyarakat dan wisatawan dapat menyaksikan pelepasan 50 ekor tukik di Pantai Joels Bugalow Kuala Cut, Lampuuk, Aceh Besar. Kegiatan tersebut dikoordinatori oleh Zulfikar Rao Itam dan diikuti oleh masyarakat setempat dan wisatawan khususnya anak-anak sebagai bentuk perhatian dalam melestarikan penyu di Indonesia.

Jenis anak penyu yang dilepas merupakan penyu jenis lekang. Telur yang ada berasal dari pesisir dikumpulkan oleh masyarakat, kemudian oleh beberapa aktivis dan anak pantai secara spotan dibeli untuk menghindari penyalahgunaan jual beli telur penyu.

Disamping itu, para pengiat lingkungan ini secara inisiatif melakukan penangkaran hingga menetas. Zulfikar menganggap dengan dibelinya telur penyu, kesempatan untuk meningkatkan kelestarian penyu dapat meningkat. Perlu diketahui bahwa sebenarnya di pantai pesisir barat Aceh masih terdapat banyak penyu bertelur, namun karena kurang adanya kesadaran masyarakat setempat menjadikan penyu sebagai bahan konsumsi di beberapa rumah makan di Aceh.

Dalam pelepasan penyu tahun ini, sengaja dilibatkan anak-anak agar menjadi sarana rekreasi sekaligus edukasi sehingga dikemudian hari dapat memberikan manfaat pada generasi selanjutnya.

TINGGALKAN BALASAN