Para Pemimpin Afrika Hadiri KTT di Jerman

Berlin, Semarak.News – Kanselir Angela Merkel bertemu dengan para pemimpin Afrika, organisasi internasional, dan kepala perusahaan, dilansir dari Washington Post pada Selasa (30/10) untuk mempromosikan program yang diluncurkan selama 20 tahun kepresidenan Jerman tahun lalu untuk mendorong investasi swasta di Afrika.

Bekerjasama dengan Bank Dunia, Dana Moneter Internasional dan Bank Pembangunan Afrika, G20 berharap dapat menciptakan kondisi yang diperlukan di negara-negara Afrika untuk menarik investasi swasta, termasuk stabilitas ekonomi, sistem anti-korupsi dan pembiayaan.

Tujuan dari program ini adalah untuk menyatukan pemerintah “reformis”Afrika  untuk mengoordinasikan rencana spesifik negara di benua yang Merkel katakan telah terlalu sering diabaikan.

“Inti dari Kompak dengan Afrika tidak hanya berbicara tentang Afrika, tetapi untuk berbicara dengan Afrika,” kata Merkel.

“Selama bertahun-tahun kami sangat terkonsentrasi di Asia,” tambah Merkel. “Saya pikir di masa depan, kita perlu mengubah pandangan lebih ke arah Afrika.”

Kompak ini terbuka untuk semua negara Afrika. Sejauh ini, 11 telah bergabung: Benin, Pantai Gading, Mesir, Ethiopia, Ghana, Guinea, Maroko, Rwanda, Senegal, Togo, dan Tunisia. Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, hadir dalam perannya sebagai ketua bersama Kelompok Penasihat G20-Afrika.

Pada KTT itu, industri Jerman, Siemens menandatangani perjanjian pembangkit listrik berbahan bakar gas baru dengan Togo dan membantu mengembangkan rencana multi-tahun untuk meningkatkan daya saing industri Mesir. Siemens juga bekerjasama dengan produsen mobil Jerman, Volkswagen, Badan Pengembangan Kerjasama Internasional Jerman, dan yang lainnya dalam proyek mobilitas untuk ibukota Rwanda, Kigali, untuk menyediakan kendaraan listrik bagi penduduk setempat.(MIK)

TINGGALKAN BALASAN