Timika, Semarak.News – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengakui jajarannya belum maksimal hadir memberikan pelayanan di tengah-tengah masyarakat Papua.

Kapolda Waterpauw memerintahkan Kapolres dan seluruh Kapolsek meniadakan sistem shift atau pembagian tugas jaga hingga selesai pelaksanaan PON XX Papua.

“Rutinitas pembagian jaga, shift, itu ditiadakan. Semua wajib masuk setiap hari, manfaatkan kekuatan yang ada,” kata Waterpauw saat memberikan arahan di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Kamis (20/2).

“Contoh Satgas ini, apakah mereka ada lepas dinas, terutama mereka yang di pos-pos itu menghadapi KKB. Apa ada bilang stop tembak dulu, saya mau lepas dinas,” sambung Waterpauw.

Ia mengatakan, Papua khususnya Mimika tidak lama lagi menghadapi dua event besar, yakni Pesparawi pada Juni dan PON pada Oktober tahun ini. Tentu saja, katanya, akan ada konsentrasi masyarakat hilir mudik di daerah itu.

“Saya mau lihat, karena anda punya tugas besar ciptakan situasi kondisi menghadapi PON dan Pesparawi. Ribuan masyarakat mau datang kesini, anda harus bekerja setiap hari,” katanya.

Mantan Kapolda Sumut itu mengaku prihatin dengan meningkatnya bantuan Satgas dari luar ke Papua. Sebab, hal itu membuktikan personel kepolisian di Papua dianggap tidak mampu melaksanakan tugasnya secara maksimal.

“Saya prihatin, teman-teman Satgas semakin banyak di sini. Berarti kita tidak ada apa-apanya, dianggap pasti tidur kita ini,” ujarnya.

Menurut Kapolda, keterbatasan personel di wilayah/Polres bukan menjadi alasan jika potensi yang ada dimanfaatkan secara optimal, terukur, dan dengan perencanaan yang matang.

“Susah dari mana, itu karena kesalahan dalam memanage anggota. Tidak ada alasan, sampai selesai PON baru kita lihat lagi situasi,” katanya.

Adapun penyampaian arahan Kapolda Papua dihadiri seluruh jajaran Polres Mimika dan Satgas yang bertugas di Mimika, yaitu Satgas Amole, Satgas Amanusa, dan Satgas Nemangkawi.

Kapolda Papua secara khusus memberikan arahan untuk kesiapan keamanan menjelang PON, pesta olahraga terbesar di Indonesia yang akan digelar pada Oktober tahun ini.

Sumber: https://seputarpapua.com/view/10719-kapolda_papua_tiadakan_shift_semua_anggota_wajib_bertugas_setiap_hari.html

LEAVE A REPLY