Pembalap Tim Manor Racing Rio Haryanto (kiri) dan Pembalap Tim Sauber Felipe Nasr (kanan) berbincang sebelum GP Jerman 2016 (Sumber: Motorsport.com)

Semarak News, Jakarta – Laju Pembalap Indonesia asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto (22 tahun) akhirnya harus terhenti di paruh musim. Karena satu-satunya pembalap Indonesia di ajang adu cepat jet darat ini, tidak dapat melunasi uang kontrak untuk tetap membalap bersama Tim Manor Racing.

Tim Manor telah mengumumkan pengganti Rio untuk menjadi pendamping pembalap utama Tim Manor Pascal Warlheim. Dalam pernyataan resminya pada Rabu (10/8) Manor Racing menyebutkan bahwa posisi Rio di Tim Manor pada saat ini telah digantikan oleh pembalap asal Perancis Esteban Ocon yang berumur 19 tahun.

Namun, diberhentikannya Rio sebagai pembalap nomer dua Manor Racing tidak serta merta menghentikan langkah Rio di dunia balap jet darat tersebut. Seperti yang dikutip melalui akun twitter Manor Racing, Rio Haryanto diberikan kesempatan untuk tetap membalap di Formula 1 dengan status pembalap ketiga atau pembalap cadangan.

“Dalam upaya menjaga Rio Haryanto di F-1, kami (Manor Racing) menawarkan kepadanya peran pembalap cadangan untuk putaran (balapan) tersisa di 2016,” begitu ungkap akun resmi Manor Racing, yang dikutip dari akun Twitter Rabu (10/8).
Dengan dibangku cadangkannya Rio sebagai pembalap ke tiga, Tim Manor mengharapkan agar kedua pembalapnya Pascal dan Ocon dapat meningkatkan produktifitas tim pada balapan selanjutnya untuk melanjutkan momentum positif dalam tim.

Lika liku perjalanan Rio Haryanto di ajang balap formula 1 memang menjadi sorotan banyak pihak. Dari masyarakat hingga pemerintah ingin melihat satu-satunya pembalap Indonesia untuk bertahan dan mengharumkan nama bangsa di negara orang. Akan tetapi dana yang besar dan sponsor yang kurang menyebabkan langkah pemuda asal Solo ini terhenti ditengah jalan. (GS)

LEAVE A REPLY