Barcelona, Semarak.News – Pebalap Red Bull asal Belanda, Max Vestappen, merengkuh kemenangan pertamanya di ajang Formula 1 (F1) setelah finis tercepat pada GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (15/5/2016). Adapun Rio Haryanto merampungkan balapan di posisi ke-17.

Kemenangan Vestappen ini sangat istimewa. Dia menjadi pebalap termuda yang memenangi seri balapan F1, yaitu pada usia 18 tahun 227 hari. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Sebastian Vettel yang memenangi seri GP Italia 2008 di Sirkuit Monza pada usia 21 tahun 73 hari. Selain itu, Vestappen juga menjadi pebalap pertama asal Belanda yang menjuarai seri balapan F1.

Vestappen berhasil mengalahkan duo Ferarri, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel, yang finis di urutan kedua dan ketiga. Vestappen mencatatkan waktu 1 jam 41 menit 40,017 detik atau finis lebih cepat 0,616 detik dibanding Raikkonen.

Kemenangan Vestappen ini tak lepas dari insiden yang menimpa duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg yang out pada balapan pertama akibat bertabrakan.

Sementara itu, Rio Haryanto finis tepat di belakang Wehrlein yang berada di urutan ke-16. Bagi Rio, hasil pada balapan kali ini sama dengan yang diraihnya pada balapan GP Bahrain. Saat itu, pria asal Solo tersebut juga finis di urutan ke-17.

Jalannya Balapan

Balapan di Sirkuit Catalunya ini langsung dibuka dengan drama pada lap pertama. Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, yang memulai balapan dari posisi kedua berhasil melakukan start mulus dan menyalip rekan setimnya, Lewis Hamilton, yang menempati pole. Namun, kegembiraan Rosberg hanya bertahan sebentar.

Ketika mendekati Tikungan 4, kedua pebalap mengalami insiden yang berakibat fatal. Peristiwa itu berawal dari manuver Hamilton yang mencoba melewati Rosberg. Namun, pemegang tiga gelar juara dunia F1 tersebut terlalu agresif dalam upaya menyalip rekan setimnya itu.

Hasilnya, mobil Hamilton melebar dan akhirnya tergelincir. Apes buat Rosberg, jet darat Hamilton mengenai mobilnya. Keduanya pun terlempar ke gravel. Duo Mercedes itu pun sama-sama harus menyudahi balapan lebih awal.

Insiden yang melibatkan duo Mercedes itu memaksa safety car masuk ke lintasan. Setelah duo Hamilton dan Rosberg keluar, posisi pertama dan kedua ditempati oleh duo pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Vestappen. Sementara itu, Pascal Wehrlein dan Rio Haryanto naik ke posisi 19 dan 20.

Pada lap kedelapan, pebalap Ferrari, Sebastian Vettel merangsek ke urutan ketiga, seusai memenangi duel dengan Carlos Sainz Jr. Komposisi Ricciardo yang dibuntuti oleh Vestappen dan Vettel terus bertahan hingga lap ke-17.

Pada lap ke-22, giliran pebalap Force India, Nico Hulkenberg, yang terpaksa menyudahi balapan karena mobil bagian belakangnya terbakar. Pebalap asal Jerman tersebut mengaku mencium bau asap dari mobilnya dan akhirnya menyudahi balapannya.

Kerusakan mobil yang dialami Hulkenberg membuat posisi Rio naik satu level, ke urutan ke-19. Adapun Wehrlein juga naik ke posisi ke-18.

Sementara itu komposisi di depan juga berubah. Setelah pit stop, Vestappen berhasil merangsek ke posisi terdepan, sedangkan Ricciardo turun ke posisi kedua. Vettel masih membuntuti di posisi ketiga.

Pada lap ke-58, Wehrlein dan Rio kembali naik posisi ke urutan ke-16 dan 17. Setelah lap ke-59, Vestappen tetap kukuh di posisi terdepan. Kali ini dia dibuntuti oleh duo Ferrari, Raikkonen dan Vettel. Pada lap ke-59 terjadi duel sengit antara Ricciardo dan Vettel. Ricciardo sempat menyalip pebalap Ferrari asal Jerman tersebut untuk merebut posisi ketiga, sebelum kembali disalip Vettel.

Nasib apes dialami Ricciardo pada lap ke-65. Ban belakang kiri mobilnya pecah saat dia berada di posisi keempat. Namun, pebalap Australia tersebut tetap bisa finis keempat karena jarak dengan pebalap di belakangnya, Valtteri Bottas, sangat jauh.

Hasil F1 GP Spanyol, Minggu (15/5/2016)
(Pebalap—Tim—Catatan Waktu)

1. Max Verstappen (Red Bull) 1 jam 41 menit 40,017
2. Kimi Raikkonen (Ferrari) +0,616 detik
3. Sebastian Vettel (Ferrari) +5,581 detik
4. Daniel Ricciardo (Red Bull) +43,9 detik
5. Valtteri Bottas (Williams) +45,2 detik
6. Carlos Sainz Jr (Toro Rosso) +61,3 detik
7. Sergio Perez (Force India) +1 menit 19,6 detik
8. Felipe Massa (Williams) +1 menit 20,7 detik
9. Jenson Button (McLaren) +1 lap
10. Daniil Kvyat (Toro Rosso) +1 lap
11. Esteban Gutierrez (Haas) +1 lap
12. Marcus Ericsson (Sauber) +1 lap
13. Jolyon Palmer (Renault) +1 lap
14. Kevin Magnussen (Renault) +1 lap
15. Felipe Nasr (Sauber) +1 lap
16. Pascal Wehrlein (Manor Racing) +1 lap
17. Rio Haryanto (Manor Racing) +1 lap

Gagal Finis

Romain Grosjean (Haas) 56 lap
Fernando Alonso (McLaren) 45 lap
Nico Hulkenberg (Force India) 20 lap
Nico Rosberg (Mercedes) 0 lap
Lewis Hamilton (Mercedes) 0 lap

(WYN/Bola)

LEAVE A REPLY