Kalabahi Semarak.News, Atas nama segenap Civitas Akademika Universitas Tribuana Kalabahi kami menyampaikan selamat kepada 30 orang terbaik pilihan Rakyat yang dilantik sebagai Anggota DPRD kabupaten Alor Periode 2019-2024, Demikian Pernyataan Alfons Gorang.S.Sos.MM, Rektor Universitas Tribuana Kalabahi ( 26/08) Melalui Pesan WhatShapnya.

Rektor Untrib Kalabahi, Alfons Juga Menyampaikan terima kasih Kepada para wakil Rakyat yang sudah mengabdikan dirinya bagi bangsa dan daerah tercinta ini pada periode 2014-2019 “Kami menyampaikan terima kasih kepada para wakil Rakyat yang sudah mengabdikan dirinya pada periode 2014-2019,Kira Tuhan Terus Memberkati” Ucapnya.

Rektor Muda tersebut juga berharap Kiranya Bapak/Ibu Anggota DPRD Alor yang baru dilantik dapat mengemban tugas dan tanggung jawab dengan baik dan berkarya bagi rakyat yang telah memberikan kepercayaan kepada Bapak/ibu sebagai Perwakilan Rakyat yang dapat menyuarakan Aspirasi masyarakat di Gedung Parlemen tersebut.

Rektor Alfons Juga menyebut Bapak/ ibu Anggota DPRD Alor adalah tumpuan harapan masyarakat yang sekiranya dapat memperjuangkan aspirasi rakyat dan mampu memberikan solusi atas persoalan-persoalan yang digumuli oleh rakyat Nusa kenari.

Rektor Mengatakan Bapak/ibu Anggota DPRD Alor yang baru terpilih tentu telah mempelajari dan bagi yang terpilih kembali diperiode ini tentu sudah paham benar apa tugas dan Fungsi yang harus Bapak/ibu emban sesuai amanat konstitusi karena itu kiranya dalam menjalankan fungsinya nanti Bapak/ibu kiranya dapat menjalankan dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga keberadaan Bapak/ibu dapat memberikan kemanfaatan bagi kemajuan daerah, nusa dan bangsa serta untuk peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat nusa kenari.

Terkait Fungsi legislasi, Rektor Untrib Kalabahi,Alfons Gorang,S.Sos menyampaikan harapan agar kiranya perumusan Peraturan-peraturan daerah nantinya dapat mengakomodasi tuntutan, kebutuhan, dan harapan rakyat. Anggota DPRD Alor yang terpilih juga di tuntut untuk aspiratif, responsive, antisipatif dan akomodatif dalam perumusan peraturan-peraturan daerah. “Kami berharap kedepan kiranya dewan yang terpilih tidak tertutup dan eksklusif dalam perumusan peraturan-peraturan daerah, Bapak ibu yang terhormat mungkin dapat melibatkan berbagai unsur masyarakat seperti perguruan tinggi, LSM, Tokoh agama, tokoh pemuda dan berbagai elemen masyarakat lainnya” ucapnya.

Terkait Fungsi Anggaran, Dalam penyusunan anggaran daerah bapak/ibu perlu memperhatikan etika perencanaan dan pengelolaan keuangan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel karena APBD merupakan salah satu instrumen yang penting dalam menggerakkan perekenomian daerah maupun nasional.” Kami juga berharap agar dalam Pengelolaan keuangan daerah semaksimal mungkin berorientasi pada kepentingan publik, pertumbuhan ekonomi, dan penciptaan lapangan kerja “.

Dana Aspirasi juga sekiranya diatur secara transparan tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan. jangan ada perorangan atau kelompok tertentu yang berulang kali menjadi sasaran dana aspirasi sehingga menimbulkan preseden buruk terhadap kebijakan alokasi anggran dimaksud, pungkasnya.

Terkait Fungsi pengawasan, Anggota DPRD Alor, tidak boleh menutup mata dan telinga terhadap permasalahan atau persoalan-persoalan yang di hadapi oleh masyarakat.

Rektor universitas Tribuana Kalabahi, Alfons Gorang,S.Sos juga mengusulkan jika dapat boleh membuat Akun resmi DPRD Kabupaten Alor yang menjadi ruang pengaduan masyarakat sehingga persoalan-persoalan yg terjadi dapat dengan cepat diketahui dan jika dibutuhkan penanganan bisa direspon dengan cepat dengan terlebih dahulu disaring kebenaran pengaduannya.

Hari ini banyak sekali persoalan yang berseliweran di dunia maya dan sudah menjadi konsumsi public namun banyak wakil Rakyat yang dalam pandangan masyarakat sepertinya buta dan tuli terhadap persoalan-persoalan yang terjadi, tidak ada respon dari pihak yang seyogyanya menjadi saluran aspirasi sehingga persoalan-persoalan yang terjadi menjadi bahan-bahan perdebatan dan pemicu gesekan antara sesama kita.

Politik menjadi kotor karena persoalan pro dan kontra karena itu sekiranya ke depan Dewan yang baru dilantik dapat menjadi saluran aspirasi yang terpercaya dan dapat menjalankan fungsi pengawasannya dengan baik. “Kami percaya Bapak ibu yang dilantik adalah orang-orang pilihan yang dapat dipercaya, sebagai corong aspirasi dan harapan rakyat”.

Rektor Untrib Kalabahi,Alfons Gorang, Optimis dan percaya bahwa bapak/ibu Dewan memiliki nurani yang bersih dan siap bekerja dengan tulus, ikhlas, tidak untuk mencari keuntungan pribadi atau golongan tetapi benar-benar untuk kemaslahatan banyak orang dan dapat menjadi yang terdepan untuk menegakkan keadilan dan kebenaran Di Negeri Seribu Moko,Surga di Timur Matahari. ( Dako)

LEAVE A REPLY