Tjahjo Kumolo Usulkan Gaji Pensiun PNS sebesar Rp 1 Miliar

0
25

Jakarta, Semarak.News – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memberikan saran kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mendapatkan tunjangan ketika masa pensiun sebesar Rp 1 Miliar.

“Saya juga sudah meminta begitu ASN pensiun, itu kalau bisa minimal dapat Rp1 miliar rupiah,” kata Tjahjo saat menghadiri acara BPIP di Menara Bidakara, Jakarta, Senin (17/2).

Tjahjo tidak membahas secara rinci mengenai skema pembayaran dana pensiun, ia mengatakan bahwa hal tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para abdi negara oleh pemerintah.

Lalu ia mengilustrasikan bahwa para abdi negara yang saat ini aktif dimana memiliki jabatan strategis dan penting, serta mampu mencukupi kehidupannya, pada waktunya mereka akan mengalami perubahan yaitu dengan memasuki masa tua yang pada akhirnya akan mengalami pensiun.

Sebelumnya, Kementerian PANRB sudah menyiapkan skema pensiun bagi PNS dengan sistem fully funded sejak 2018 lalu. Sistem ini merupakan pembayaran pensiun yang didapatkan secara patungan antara PNS dan pemerintah (pemberi kerja) yang dimana jumlah besarannya dapat disepakati sesuai jumlah gaji PNS setiap bulan.

Skema fully funded dibuat rencananya untuk menggantikan skema Pay As You Go yang saat ini masih berlaku, yang dimana skema ini merupakan dana pensiun hasil iuran antara ASN (sebesar 4,75%) yang dihimpun PT Taspen dengan ditambah dana APBN. Dengan menggunakan skema ini, gaji yang diterima oleh PNS seorang eselon I berkisar antara Rp 4,5 – Rp 5 juta.

LEAVE A REPLY