Ragam Budaya adalah Warna Indah Kebhinekaan

0
32

Kecepatan arus informasi saat ini tidak bisa membendung isu yang tengah terjadi diberbagai belahan dunia hingga menimbulkan efek domino, seperti berkembangnya kasus kematian George Floyd di Amerika, yang di anggap sebagai salah satu bentuk diskriminasi terhadap warga berkulit hitam di Amerika. Sementara Indonesia memiliki ragam budaya yang jauh lebih beragam dari kondisi masyarakat di Amerika, khususnya masyarakat Papua, namun bagi Indonesia ciri fisik tersebut merupakan kekayaan, bahkan dapat membaur hidup berdampingan diberbagai aktivitas masyarakat salah satunya Pendidikan.

Pemerintah Indonesia telah membuat program pembauran Mahasiswa Papua untuk menerima beasiswa diberbagai Universitas di Indonesia, salah satunya di Prov. Riau. Sebanyak 25 orang Mahasiswa Papua tinggal di asrama mahasiswa tepatnya di Kota Pekanbaru mampu beradaptasi dan berdampingan dengan masyarakat lainnya, program tersebut dilaksanakan agar level Pendidikan diseluruh provinsi dapat merata. Seperti yang dikatakan Prof. Dr. Iwantono, S.Si, M. Phil (Wakil Rektor III Universitas Riau) dalam diskusi webinar “Menjaga Keharmonisan dan Kebhinekaan Masyarakat Papua di Tanah Melayu” pada 20/06/20.

“Peran akademisi untuk memberikan pembinaan yang terstruktur, dan pendampingan Pendidikan lebih focus sebagai program pejabat bidang kemahasiswaan, Kami mendengar keluhan kendala-kendala yang dihadapi dan dari situ kami membuat program-program apa yang bisa membantu mereka sehingga Mahasiswa Papua dapat beradaptasi dengan baik”, papar Prof. Dr. Iwantono, S.Si, M. Phil (Wakil Rektor III Universitas Riau) dalam diskusi Webinar. “Di kelembagaan mahasiswa, BEM dan lainnya mereka juga aktif, artinya mereka berbaur bersama dengan mahasiswa yg lain. Kami selalu mengingatkan kepada mereka untuk melaksanakan pendekatan kepada mereka secara formil maupun tidak formil. Kami ingin mereka merasa nyaman, karna mereka juga bagian anak bangsa dari hasil pembangunan di bangsa ini. Indah tidak satu warna, bunga indah berwarna warna. Kebhinnekaan itu adalah keindahan, perbedaan jadikan kekayaan kita Bersama”. Imbuhnya pada audiens melalui webinar zoom.

LEAVE A REPLY