Protes Anjloknya Harga Kopra, SAMURAI-MU Tuntut Pemerintah Bertindak Cepat Stabilkan Harga Kopra

0
188

Ternate, Semarak.News –  Solidaritas Aksi Mahasiswa Untuk Rakyat Indonesia Maluku Utara (SAMURAI-MU), Jum’at malam (16/11/2018) lakukan aksi protes anjloknya harga kopra, di depan Jatiland Mall, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Aksi protes tersebut selain menyoroti turunnya harga kopra di Maluku Utara, juga dilakukan sebagai upaya menggalang dukungan masyarakat Kota Ternate. Dukungan tersebut dibutuhkan untuk aksi protes lanjutan turunnya harga kopra di Kantor Gubernur Malut di Sofifi, Maluku Utara.

Permasalahan turunnya harga kopra di Halmahera saat ini mendapat banyak sorotan dan protes dari masyarakat. Sebelumnya aksi protes juga dilakukan oleh ratusan petani kopra di Kantor Bupati Halmahera Utara pada 14 November 2018.

SAMURAI-MU meminta Pemerintah Daerah Maluku Utara agar segera bertindak cepat dalam menyelesaikan turunnya harga kopra dan menstabilkan kembali harga kopra yang menjadi salah satu sumber perekonomian masyarakat Maluku Utara.Dalam aksinya SAMURAI-MU mendorong pemerintah untuk membangun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang fokus mengelola komoditas kopra di Maluku Utara.

“Pemerintah agar fokus dan memperhatikan kondisi perkebunan kopra, serta tidak beralih pada perkebunan sawit. Sebab apabila dibandingkan, perkebunan kelapa sawit lebih merugikan secara ekonomi dan ekosistem lingkungan. Selain itu, kopra merupakan sumber perekonomian dan pendapatan masyarakat yang sulit tergantikan”, ujar Waldi, Koordinator Aksi Protes SAMURAI-MU. (IP)

 

 

LEAVE A REPLY