Sorong, Semarak.News – Dalam rangka Conversational English (Percakapan Bahasa Inggris) ke seluruh Indonesia, maka kemarin (9/3) dilangsungkan Penandatanganan kerja sama antara Yayasan Kalam Kudus Indonesia Cabang Sorong dengan TeachCast With Oxford. Hadir langsung Presiden TeachCast With Oxford, Brian Holiday dan Ketua Yayasan Kalam Kudus Indonesia Cabang Sorong, Erly Dama, SE., MM, Senin (9/3). Penandatanganan MoU kerja sama berlangsung di Sekolah Kristen Kalam Kudus Kota Sorong, Jalan Misool, Kampung Baru.

Presiden TeachCast With Oxford, Brian Holiday merasa senang dengan adanya pembentukan kerja sama baru bersama Yayasan Kalam Kudus Indonesia Cabang Sorong. Kerja sama ini bertujuan untuk membawa Conversational English (Percakapan Bahasa Inggris) ke seluruh Indonesia, khususnya Kota Sorong dengan bentuk program Video Conference.

“Jadi kami tidak hanya ada di kota besar seperti Sumatera dan Jawa, tapi kami ada di pelosok-pelosok Indonesia,”jelasnya kepada Radar Sorong, kemarin.

Melalui video conference, sambung Brian, guru yang akan mengajar, berasal langsung dari Amerika dan proses belajar-mengajar melalui video sehingga guru tersebut tidak perlu datang ke Indonesia untuk membangun kemampuan percakapan berbahasa Inggris siswa Indonesia semakin lancar.

Ketua Yayasan Kalam Kudus Indonesia Cabang Sorong, Erly Dama, SE, MM sangat berharap dengan adanya kerja sama ini, Papua dapat berhasil menghasilkan siswa yang bisa bersaing di kancah Internasional, sehingga pengembangan ilmu dan bahasa tidak kalah dengan sekolah yang ada di luar Papua.

“Jadi kami melakukan kerja sama ini agar menciptakan siswa yang dapat bersaing di kancah Internasional,” katanya.

Sementara itu, Sekertaris Yayasan Kalam Kudus Indonesia Cabang Sorong, Hesye Manderos mengatakan, sebelumnya pihak yayasan telah mengadakan pertemuan untuk membicarakan program tersebut. Akhirnya pihak yayasan pun mau bekerja sama dengan TeachCast With Oxford. Dimana, program yang diambil yakni live streaming 1 kali dalam seminggu dengan guru yang bersertifikasi dari Amerika.

“Ini salah satu program Yayasan Kalam Kudus Cabang Sorong untuk memajukan siswa dalam hal berbahasa Inggris,”ungkapnya.

Menyiapkan kesiapan jaringan internet, sambung Hesye, Yayasan Kalam Kudus Cabang Sorong dapat melakukan live streaming dengan waktu yang ditentukan setiap seminggu sekali. Pihak yayasan telah menyiapkan 1 ruangan khusus untuk persiapan semua fasilitas live streaming oleh TeachCast With Oxford.

“Jadi, pembelajarannya nanti lebih pada mendengarkan dan percakapan berbahasa Inggris untuk jenjang TK, SD hingga SMP di Yayasan Kalam Kudus Cabang Sorong,”ungkapnya.

Vice President Sales dan Marketing PT Indomobil Edukasi Utama, Rachel Setyadi mengatakan, Yayasan Kalam Kudus Indonesia merupakan patner kerja dari PT Indomobil Edukasi Utama, sehingga untuk pertama kalinya di Provinsi Papua Barat, ada kerja sama antara TeachCast With Oxford dengan Yayasan Kalam Kudus Indonesia Cabang Sorong.

“Kami memiliki patner lain dengan beberapa cabang dari Yayasan Kalam Kudus lainnya. Karena Yayasan Kalam Kudus memang terbuka terhadap perubahan untuk menuju ke masa depan lebih baik,” tuturnya.

Dengan teknologi, semua semakin mungkin, dan Yayasan Kalam Kudus adalah patner yang memang memiliki visi besar untuk para siswa yang ada dinaungannya. Sehingga Yayasan Kalam Kudus Indonesia Cabang Sorong pun yakin bahwa Conversation English sangat penting dalam jangka waktu 10 hingga 15 tahun kedepan.

“Selama ini kita sebagai orang Indonesia selalu pasif, hanya bisa dengar, membaca dan menulis bahasa Inggris tapi tidak percaya diri untuk berbicara. Sehingga Yayasan Kalam Kudus Indonesia Cabang Sorong melihat program ini bisa menjadi solusi bagi siswanya,”tuturnya.

Saat ini yang paling sulit ialah pemerataan dalam bidang pendidikan, sehingga Indomobil berpatner dengan TeachCast With Oxford untuk membawa solusi ini ke seluruh Indonesia, Dengan melalui teknologi yang sama 1 orang guru dapat mengajar di Sorong, jam berikutnya bisa mengajar di Makassar dan jam berikutnya bisa mengajar di kota lainnya.

Sumber: https://www.radarsorongnews.com/2020/03/10/yayasan-kalam-kudus-gandeng-teachcast-with-oxford/

LEAVE A REPLY