Sorong, Semarak.News – Para pelajar di SDK YPK Toray, begitu bergembira saat para prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad mengajak bermain dan belajar lewat lomba mewarna.

Para prajurit penjaga perbatasan yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini tersebut, menerapkan salah satu pola edukasi sambil berkreasi bagi anak-anak di Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua.

Komandan Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Rizky Aditya mengungkapkan, lomba mewarnai tersebut ikuti oleh siswa-siswi SD YPK Toray kelas 2, 3, dan 4.

Lomba mewarna ini, lanjutnya, diinisiasi oleh personel Pos Toray yang dipimpin oleh Letda Inf Wesly Tanaem, beserta empat anggotanya. Diadakannya lomba tersebut sebagai salah satu bentuk edukasi dan memunculkan kreatifitas para siswa.

“Kita berharap, lomba mewarnai yang dilaksanakan secara sederhana ini, menjadi wadah bagi siswa untuk memunculkan kreativitasnya sekaligus menjadi edukasi, jadi pesan menciptakan jiwa kemandirian untuk pelajar yang dimulai sejak dini bisa tersampaikan,” ucapnya.

Tanggalkan Tampang Garang, Prajurit Ini Ajak Pelajar Papua MewarnaDitambahkan oleh alumni Akademi Militer (Akmil) tahun 2003 tersebut, lomba mewarnai ini sebagai salah satu upaya untuk dapat memberikan warna bagi dunia pendidikan yang ada di perbatasan Indonesia-Papua Nugini, tepatnya di sektor selatan Kabupaten Merauke.

Tidak hanya membantu mengajar, memberikan bimbingan belajar, menghadirkan perpustakaan keliling, serta memberikan asupan gizi tambahan seperti susu dan bubur kacang hijau. Para prajurit juga berusaha untuk dapat menciptakan kegiatan yang bermanfaat dan tetap memiliki manfaat bagi siswa-siswi yang berada di perbatasan.

Sementara itu pada saat kegiatan lomba mewarnai, Guru SD YPK Toray, Ani Sahetapy menyampaikan, bahwa lomba mewarnai ini sangat bagus untuk melatih kemandirian, edukasi dan memunculkan kreativitas, serta imajinasi bagi siswa-siswi. Kegiatan perlombaan seperti ini baru pertama kalinya dilaksanakan di SD YPK Toray.

“Tentunya kami seluruh guru mengucapkan sangat berterimakasih kepada prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, terutama Pos Toray, yang telah megadakan kegiatan yang bermanfaat melalui lomba mewarnai di sekolahan kami,” ujarnya.

Sumber: https://jatim.sindonews.com/read/16070/1/tanggalkan-tampang-garang-prajurit-ini-ajak-pelajar-papua-mewarna-1572826288

LEAVE A REPLY