26 Mahasiswa Papua di Tiongkok Kembali ke Indonesia

26 Mahasiswa Papua di Tiongkok Kembali ke Indonesia

0
4
Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Aryoko Rumaropen. (Foto: Medcom.id/Roylinus)

Jayapura, Semarak.News – Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua, Aryoko Rumaropen, mengatakan sebanyak 26 mahasiswa asal Papua yang menempuh pendidikan di Tiongkok telah kembali ke Indonesia, Jumat, 31 Januari 2020 pagi.

“Puji Tuhan, sampai dengan hari ini anak-anak Papua dalam kondisi sehat. Atas perintah Bapak Gubernur kami sudah mengambil langkah untuk memulangkan anak-anak Papua yang berada di Tiongkok dan tadi pagi sudah (tiba) di Jakarta,” kata Aryoko.

Menurut Aryoko, masih ada tiga mahasiswa asal Papua lainnya yang belum bisa dipulangkan lantaran masih mengurus perizinan dari universitas.

“Tapi tiketnya sudah kami sediakan. Satu mahasiswa akan berangkat 4 Februari dan dua lainnya pulang pada 7 Februari,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Aryoko, sebanyak 26 mahasiswa tersebut tidak langsung dibawa pulang ke Papua. Mereka harus menjalani serangkaian pemeriksaan di Jakarta, terutama dari aspek kesehatan.

“Kami mendapatkan informasi para mahasiswa yang pulang semuanya negatif atau tidak terjangkit virus korona. Mereka nantinya akan kami pulangkan ke Jayapura,” katanya.

Menurut Aryoko, para mahasiswa tersebut berasal dari beberapa kabupaten di Papua. Mereka menempuh pendidikan di sejumlah daerah di Tiongkok.

“Mahasiswa kami ada 29 orang di Tiongkok. Tapi, tidak ada yang kuliah di Wuhan,” jelas dia.

Pada kesempatan itu, Aryoko mengimbau orang tua mahasiswa tidak perlu khawatir. Seluruh proses kepulangan para mahasiswa ditanggung Pemprov Papua.

“Kami imbau kepada orang tua, LSM, dan pemerhati pendidikan, jika ingin mengetahui informasi soal keberadaan mahasiswa harus, konfirmasi dulu kepada pemerintah Papua. Jangan menyebarkan informasi miring yang tidak bertanggung jawab ke media,” pungkasnya.

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/GKdOvZrk-26-mahasiswa-papua-dari-tiongkok-kembali-ke-tanah-air

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY