Pelalawan, Semarak.News – Komunitas Pegiat Konservasi Riau menggandeng Sekolah Relawan melakukan penanaman pohon sebanyak 1.150 bibit, di Dusun I Kapau Kelurahan Kerumutan Kec. Kerumutan Kab. Pelalawan Pro. Riau, Sabtu (23-24/11/2019) . Pemilihan lokasi tersebut karena Ds. Krumutan merupakan area bekas terbakar yang saat ini tidak terawat.

Kegiatan penanaman berbagai jenis pohon yang disepakati dengan istilah Revegetasi tersebut, merupakan salah satu upaya bentuk konservasi dari KPK-R bersinergi dengan Ideafes, Sekolah Relawan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, untuk menjaga alam dari kondisi gundul yang setiap tahun berpotensi menimbulkan bencana banjir.

Tak hanya itu, ragam jenis pohon yang ditanam juga dapat dirasakan oleh masyarakat setempat yaitu pohon jengkol, pohon durian montong dan mohon matoa.

“Program Revegatasi ini memilih menanam pohon buah-buahan tersebut, karena selain menjaga kondisi alam, buahnya juga dapat dirasakan oleh masyarakat setempat” Ujar Aprianda (Ketua KPK-R).

“Jaga Hutan dan Lahan tetap hijau dan tumbuh maka hutan akan menjaga kita, bebaskan hutan dan lahan dari kebarakaran” slogan tersebut turut mengajak masyarakat mewujudkan aksi nyata pentingnya menjaga alam dengan menanam pohon mulai saat ini.

 

LEAVE A REPLY