Mahasiswa Sebagai Lini Utama Pemersatu Bangsa

0
23

Berkembangnya isu kematian George Floyd di Amerika, yang di anggap sebagai salah satu bentuk diskriminasi terhadap warga berkulit hitam berkembang di Amerika. Hal ini bahkan memancing demo besar-besaran di berbagai negara.

Isu ini juga mulai berkembang di Indonesia, terutama di kalangan Mahasiswa Papua karena merasa mengalami nasib yang sama. Faktanya, di Indonesia terutama di Prov. Riau tidak terdapat diskriminasi yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Hal ini senada dengan pernyataan Presma Universitas Lancang Kuning, Amir Harahap “Terkait isu rasial, kita sudah komunikasi dengan kawan-kawan Papua dan sudah melaksanakan diskusi daring juga. Kami sebagai mahasiswa dari luar Riau juga, berbaur dengan mereka dan mengerti serta menyikapi ini dengan bijaksana”.

Ia juga menyatakan sejauh ini di Riau tidak ada aksi-aksi yang mengatasnamakan diskriminasi masyarakat papua yang artinya mereka merasa aman dan mendapat keadilan selama tinggal di riau. Dapat disimpulkan bahwa para mahasiswa papua dapat berbaur dan menjalin komunikasi dengan baik dengan masyarakat riau.

Selain melaksanakan komunikasi untuk mempererat hubungan sesama mahasiswa, pihaknya juga mengharapkan kedepannya dapat melaksanakan pertemuan yang melibatkan berbagai unsur baik dalam bentuk forum maupun paguyuban agar terbentuk suatu hubungan yang harmonis.

LEAVE A REPLY