Kapolda Papua Pastikan Tidak Ada Perayaan HUT OPM 1 Desember

Kapolda Papua Pastikan Tidak Ada Perayaan HUT OPM 1 Desember

0
5
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw (Foto: Wildan/detikcom)
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw (Foto: Wildan/detikcom)

Sorong, Semarak.News – Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw memastikan kondisi Papua saat ini aman terkendali. Polisi menegaskan hari ini tidak ada perayaan terkait HUT OPM.

“Ya puji tuhan hari ini 1 Desember hari Minggu ya, keadaan yang saya terima laporan dari seluruh jajaran aman dan terkendali ya,” kata Irjen Paulus kepada wartawan di Mapolda Papua, Jalan Dr Sam Ratulangi, Jayapura, Minggu (1/12/2019).

“Tidak ada (perayaan HUT OPM apapun hari ini),” sambung Paulus.

Meski begitu, Paulus mengatakan ada kelompok OPM yang datang ke polisi dan meminta izin menggelar acara. Pihak kepolisian tegas menolak acara tersebut jika yang mengadakan acara itu dari kelompok yang tidak mengakui Pancasila.

“Mereka kemarin ada beberapa yang mau datang minta ijin untuk ibadah dan lain sebagainya. Tapi prinsip kita kalau mereka tunduh dan taat pada azas itu ya itu mengakui pancasila UUD 45, kita akan ijinkan,” kata Paulus.

“Tapi kan dalam hari-hari mereka tidak mengakui itu dan itu pasti kami tolak dan kami larang,” sambungnya.

Diketahui, hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) jatuh pada hari ini, tanggal 1 Desember 2019. Bersamaan dengan HUT OPM, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis sedang melaksanakan kunjungan kerja di Papua bersama dengan Panglima TNI Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-4805092/kapolda-papua-pastikan-tak-ada-perayaan-hut-opm-hari-ini?single=1

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY